Tautan-tautan Akses

Penjara Honduras Terbakar, 350 Tahanan Diperkirakan Tewas


Para tahanan berdiri di halaman penjara, setelah kebakaran besar melanda penjara Comayagua, Honduras, Rabu dini hari (15/2).

Para tahanan berdiri di halaman penjara, setelah kebakaran besar melanda penjara Comayagua, Honduras, Rabu dini hari (15/2).

Sebuah kebakaran hebat di penjara Honduras menewaskan ratusan narapidana, yang diyakini merupakan bencana terburuk yang pernah terjadi di Amerika Latin.

Para pejabat mengatakan lebih dari 350 hilang dan diasumsikan tewas, meskipun beberapa yang tidak masuk hitungan mungkin melarikan diri.

Kepala Sistem Lembaga Pemasyarakatan Honduras Danilo Orellana mengatakan kebakaran terjadi Selasa malam di sebuah penjara di kota Comayagua, sebelah utara ibukota Teguci-galpa. Menurut Danilo, saat ini pihak berwenang tengah menyelidiki penyebab kebakaran itu.

Pihak berwenang mengatakan banyak narapidana yang tewas terbakar atau tercekik asap di dalam sel penjara mereka.

Sanak keluarga yang cemas mendatangi penjara Rabu pagi, mencari tahu nasib orang yang mereka kasihi. Sebagian melemparkan batu ke arah polisi ketika mencoba masuk ke fasilitas penjara itu. Polisi melepaskan gas air mata dalam upaya untuk membubarkan massa.

XS
SM
MD
LG