Tautan-tautan Akses

AS

Penjaga Pantai AS Hentikan Pencarian Kapal yang Hilang


Kapten Pasukan Penjaga Pantai AS Mark Fedor memberikan keterangan dalam konferensi pers mengenai kapal kargo El Faro, di Miami, Florida (5/10).

Kapten Pasukan Penjaga Pantai AS Mark Fedor memberikan keterangan dalam konferensi pers mengenai kapal kargo El Faro, di Miami, Florida (5/10).

El Faro mengangkut kargo dari Jacksonville, Florida, ke San Juan, Puerto Rico, pekan lalu ketika kapal tersebut terjebak dalam topan Joaquin.

Pasukan Penjaga Pantai Amerika menghentikan pencarian orang-orang yang selamat dari kapal kargo yang diyakini telah tenggelam dalam badai topan yang hebat dekat kepulauan Bahama pekan lalu.

Pencarian kapal El Faro dan 33 orang awaknya, termasuk lima orang warga Polandia, telah menemukan satu mayat, tumpahan minyak dan berbagai macam sampah, termasuk jaket keselamatan dan kotak-kotak kargo. Para pejabat Penjaga Pantai mengatakan hampir tidak ada kans lagi untuk menemukan orang yang selamat.

Dewan Keselamatan Angkutan Nasional Amerika mengatakan air yang dalam akan menghambat rencananya untuk mengerahkan para penyelam untuk mencari kapal yang tenggelam itu, sementara penyelidikan mengenai mengapa kapal tersebut tenggelam diteruskan.

El Faro mengangkut kargo dari Jacksonville, Florida, ke San Juan, Puerto Rico, pekan lalu ketika kapal tersebut terjebak dalam topan Joaquin – badai kategori 4 yang kuat dengan kecepatan angin 215 kilometer per jam.

Kapal tersebut mengirim pesan satelit bahwa kapal itu dalam marabahaya sebelum pihak berwenang di darat kehilangan kontak dengan awaknya.

Para pejabat berpendapat El Faro kemungkinan kehilangan tenaga mesin, yang menghambat kapten berlayar menjauhi badai itu. [gp]

XS
SM
MD
LG