Tautan-tautan Akses

AS

Penjaga Pantai Amerika Selamatkan 33 Migran Kuba


Perahu aluminium rakitan yang membawa 16 migran Kuba tiba di Kepulauan Cayman. (Foto: Ilustrasi)

Perahu aluminium rakitan yang membawa 16 migran Kuba tiba di Kepulauan Cayman. (Foto: Ilustrasi)

Sepanjang tahun fiskal 2014, jumlah migran Kuba yang telah diselamatkan Amerika mencapai tingkat tertinggi dalam enam tahun terakhir dan meningkat 50 persen dari 2013.

Tentara penjaga pantai Amerika Rabu (29/10) menyelamatkan 33 pria Kuba yang terdampar di Samudera Atlantik, 11 kilometer dari lepas pantai negara bagian Florida.

Ini adalah insiden besar kedua minggu ini di tengah semakin banyaknya migran Kuba yang tertangkap saat meninggalkan negara pulau itu dengan naik perahu.

Sepanjang tahun fiskal 2014, jumlah migran Kuba yang telah diselamatkan Amerika mencapai tingkat tertinggi dalam enam tahun terakhir dan meningkat 50 persen dari 2013. Sejak 1 Oktober, ada sekitar 150 migran Kuba yang diciduk dari perairan itu.

Karena para migran itu tidak pernah mencapai daratan, mereka akan dipulangkan ke Kuba berdasarkan UU yang umumnya mengizinkan orang Kuba tinggal jika telah menapakkan kaki di wilayah Amerika.

Tahun ini, penjaga pantai Amerika telah menangkap lebih dari 2.000 migran Kuba yang mengambil risiko untuk meninggalkan Kuba, yang ekonominya lesu akibat embargo selama puluhan tahun oleh Amerika.

XS
SM
MD
LG