Tautan-tautan Akses

Penikaman Terus Berlanjut, Empat Warga Palestina Tewas


Seorang demonstran Palestina menyeret ban yang terbakar dalam bentrokan dengan pasukan Israel di kota Tepi Barat Hebron, 18 Oktober 2015.

Seorang demonstran Palestina menyeret ban yang terbakar dalam bentrokan dengan pasukan Israel di kota Tepi Barat Hebron, 18 Oktober 2015.

Sedikitnya empat warga Palestina tewas di tengah aksi penikaman yang terus berlanjut. Dua dari kematian itu terjadi di dan sekitar Yerusalem dan dua lainnya di kota Hebron, Tepi Barat. Warga Palestina kelima ditembak setelah serangan penikaman di Hebron tetapi pihak berwenang tidak mengatakan apakah dia tewas.

Kekerasan pecah sebulan lalu di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, tempat yang disebut Temple Mount oleh Yahudi. Palestina menuduh Israel hendak merebut komplek Al-Aqsa.

Laki-laki Palestina yang ditemui di jalan itu mengatakan penikaman tersebut merupakan reaksi wajar terhadap aksi Israel di Al-Aqsa.

Israel membantah dengan tegas akan mengubah status quo tempat suci yang disengketakan itu, kata juru bicara pemerintah Mark Regev.

“Kekerasan itu berakar dari kebencian yang tidak rasional. Tuduhan bohong itu mengisyaratkan bahwa ada ancaman terhadap Temple Mount; itu tidak berdasar dan tidak masuk akal,” tambahnya.

Israel telah mengerahkan ratusan polisi dan tentara ke kota-kota di daerah pendudukan tetapi sejauh ini gagal meredam kekerasan itu. Palestina mengatakan kekacauan akan terus berlanjut sampai Israel mengakhiri pendudukannya di Yerusalem Timur, Tepi Barat dan jalur Gaza. [vm/isa]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG