Tautan-tautan Akses

Pengusaha-pengusaha Teknologi Termasuk Filantropis Terbesar di AS


Bill dan Melinda Gates dalam sebuah wawancara di New York (21/1).

Bill dan Melinda Gates dalam sebuah wawancara di New York (21/1).

Bill dan Melinda Gates ada di antara 50 donor paling dermawan di AS yang menyumbangkan US$9,8 miliar pada 2014.

Lima puluh donor paling dermawan di AS menyumbangkan US$9,8 miliar pada 2014, menurut penerbitan berkala di Washington, DC, The Chronicle of Philanthropy. Angka tersebut naik 27,5 persen dari tahun sebelumnya, dipicu sebagian besar karena semakin banyaknya pengusaha teknologi yang mendonasikan jutaan dolar.

Dan 20 kontributor paling dermawan (individu dan pasangan) mencakup mayoritas uang tersebut -- lebih dari $6,2 miliar, atau 64 persen dari jumlah total.

Kenaikan itu didorong sebagian besar oleh hadiah $1,5 miliar dari Bill dan Melinda Gates dan kenaikan jumlah pengusaha teknologi di bawah usia 40 tahun, tiga diantaranya memberikan lebih dari $500 juta masing-masing.

Dua dari donor teknologi mengubah profil filantropi yang sebelumnya tidak memperlihatkan sejauh mana sumbangan mereka. Jan Koum, 38, penemu perusahaan pesan seluler WhatsApp, mendonasikan $556 juta dan Sean Parker, 35, mantan presiden Facebook dan pendiri Napster, menyumbangkan $550 juta. Mereka ada di posisi mpat dan lima dari daftar filantropis tersebut.

Di posisi dua adalah Ralph Wilson Jr., pemilik klub Liga Sepakbola Nasional (NFL) Buffalo Bills, yang meninggal dunia Maret lalu pada usia 95 dan memberikan $1 miliar pada kegiatan amal. Di posisi ketiga adalah Ted Stanley, pengusaha berusia 83 tahun yang memberikan komitmen keuangan terbesar yang pernah diberikan pada riset kesehatan jiwa dengan menyumbangkan $650 juta pada Broad Institute.

Di antara 50 donor teratas, 12 pasangan atau individu dari daftar itu datang dari sektor teknologi, 11 dari keuangan, empat dari real estate dan empat mewarisi kekayaannya. Secara keseluruhan, donor-donor teknologi mencakup 47 persen dari uang yang didonasikan oleh 50 teratas.

XS
SM
MD
LG