Tautan-tautan Akses

AS

Pengusaha Restoran New York Akan Hapuskan Tip untuk Pelayan


Danny Meyer, CEO Union Square Hospitality Group (Foto: dok).

Danny Meyer, CEO Union Square Hospitality Group (Foto: dok).

Memberikan tip atau tipping kepada pelayan restoran sebesar 10, 15 atau 20 persen dari tagihan saat kita makan di rumah makan, cafe atau restoran, merupakan sebuah kebiasaan warga Amerika yang membingungkan banyak pengunjung ke Amerika Serikat. Namun kemungkinan kebiasaan ini akan berubah.

Kelompok pengelola restoran yang terkenal di New York, Union Square Hospitality Group, berupaya menghilangkan kebiasaan itu, dengan mengatakan lebih baik mereka memberikan upah yang adil bagi karyawan mereka, sehingga karyawan tersebut tidak perlu lagi menggantungkan pendapatan mereka dari tip yang mereka terima.

Chief Executive Officer Danny Meyer mengatakan 13 restorannya akan mulai menghapuskan tip ini mulai tahun depan. Menurutnya pemberian tip ini tidak adil bagi semua karyawan.

"Kami percaya industri hospitality adalah kerja tim, dibutuhkan keterlibatan seluruh tim untuk memberikan layanan sesuai dengan harapan Anda," katanya dalam sebuah pernyataan.

'Tidak dapat dibagikan'

"Sayangnya, banyak dari rekan kerja kami, para juru masak, penerima reservasi dan pencuci piring, dan lainnya, tidak dapat menikmati pembagian uang yang diperoleh dari para pelanggan, padahal kontribusi mereka sama pentingnya dengan pengalaman yang Anda rasakan saat berkunjung ke salah satu restoran kami," tambah Meyer.

Meyer bukan yang pertama yang berupaya menghilangkan pemberian tip ini, karena beberapa restoran yang lebih mewah telah menghapuskan kebijakan ini. Tapi bila kelompok besar dan terkemuka seperti kelompok Union Square Hospitality Group akan melakukan penghapusan pemberian tip ini, diperkirakan beberapa restoran lainnya akan melakukan hal yang sama, kata para analis.

Para pekerja restoran di seluruh Amerika telah menuntut upah minimum yang lebih tinggi, dan negara bagian New York berencana untuk memberikan upah minimum $ 15 per jam. [eis/dw]

XS
SM
MD
LG