Tautan-tautan Akses

Penghitungan Suara Pemilu Presiden Afghanistan Babak Kedua Berlangsung


Petugas pemilihan menghitung surat suara pemilihan putaran kedua di Jalalabad, Kabul timur, Afghanistan, 14 Juni 2014.

Petugas pemilihan menghitung surat suara pemilihan putaran kedua di Jalalabad, Kabul timur, Afghanistan, 14 Juni 2014.

​Penghitungan suara sedang dilakukan di Afghanistan di mana rakyat memilih presiden baru dalam pemilihan presiden putaran kedua antara dua kandidat, Abdullah Abdullah dan Ashraf Ghani.

Hasil awal resmi akan diumumkan paling cepat 2 Juli.

Jumlah pemilih yang datang ke pemilu hari Sabtu cukup besar, meski Taliban mengancam akan mengusik pemilu itu dengan kekerasan. Kementerian Dalam Negeri melaporkan 150 serangan kecil, termasuk bom pinggir jalan dan tembakan roket. Di antara belasan orang yang dikabarkan telah dibunuh oleh militan, serangan terburuk meledakkan sebuah bus menewaskan 11 orang, termasuk beberapa petugas TPS yang hendak pulang dari TPS-TPS.

Para pejabat pemilu Minggu mengatakan tujuh juta warga Afghanistan memilih, yang kurang lebih sama dengan putaran pertama pada tanggal 5 April, dan sekitar 60 persen pemilih yang sah hadir.

Beberapa jam setelah TPS-TPS tutup, para pejabat di provinsi Herat yang terpencil mengatakan militan Taliban telah memotong jari sedikitnya 11 orang yang memilih. Pemilih di Afghanistan harus mencelupkan jari telunjuk mereka ke dalam tinta untuk memastikan bahwa mereka memilih hanya sekali.

Gedung Putih memuji para pemilih Afghanistan atas keberanian dan tekad mereka dan menyebut pemilu itu langkah signifikan bagi demokrasi Afghanistan.
XS
SM
MD
LG