Tautan-tautan Akses

Negara-negara Kuat Dunia Sepakati Penghentian Pertempuran di Suriah


Menlu Rusia Sergey Lavrov (kiri) dan Menlu AS John Kerry tiba untuk pembicaraan mengenai Suriah di Munich, Jerman (11/2).

Menlu Rusia Sergey Lavrov (kiri) dan Menlu AS John Kerry tiba untuk pembicaraan mengenai Suriah di Munich, Jerman (11/2).

Negara-negara kuat dunia yang bertemu di Muenchen, Jerman setuju penyelenggaraan genjatan senjata di Suriah dimulai dalam satu minggu mendatang.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan, kekuatan besar yang bertemu di Muenchen membahas situasi di Suriah setuju penyelenggaraan genjatan senjata dimulai dalam satu minggu.

Kerry memberitahu reporter Jumat (13/2) di Muenchen, bahwa pengakhiran permusuhan tidak berlaku untuk kelompok teroris seperti ISIS, al-Nusra dan lain-lainnya. Katanya, Kelompok Pendukung Suriah Internasional yang beranggotakan 17 negara sepakat bahwa gugus tugas yang diketuai bersama oleh Amerika dan Rusia akan berusaha menetapkan bentuk-bentuk bagi pengurangan kekerasan jangka panjang.

Diplomat top Amerika itu menambahkan sebuah catatan bahwa pertemuan kelompok ini telah menerbitkan komitmen diatas kertas, tetapi uji nyatanya adalah, apakah semua pihak menghormati komitmen masing-masing.

Kelompok ini juga sepakat mempercepat dan memperluas pengerahan bantuan kemanusiaan. Gugus Tugas PBB akan mengawasi pengerahan bantuan dimulai dengan pertemuan di Jenewas dan melaporkan kemajuan mingguan.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mencatat bahwa situasi kemanusiaan di Suriah memburuk dan hanya upaya kolektif akan bisa memulihkannya. [ps/jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG