Tautan-tautan Akses

Penghargaan Pulitzer Rayakan Usia Satu Abad


Penghargaan Pulitzer.
Penghargaan Pulitzer.

Pulitzer menghargai keunggulan dalam kategori-kategori mulai dari laporan breaking news sampai artikel pelayanan publik dan fotografi.

Penghargaan Pulitzer atau Pulitzer Prizes, dibuat tahun 1917 lewat hibah dari penerbit Joseph Pulitzer, menandai ulang tahun yang ke-100 hari Senin (18/4) dengan pengumuman para pemenang yang dianggap sebagai hadiah paling bergengsi dalam jurnalistik Amerika.

Pulitzer menghargai keunggulan dalam kategori-kategori mulai dari laporan breaking news sampai artikel pelayanan publik dan fotografi. Selain hadiah untuk jurnalistik, ada juga penghargaan untuk fiksi, sejarah, drama, musik dan bentuk sastra lainnya.

Ada 21 penghargaan setiap tahun. Pemenang dipilih oleh dewan independen setelah para juri menyeleksi nominasi dari 2.400 peserta dalam seluruh kategori. Dewan itu memiliki opsi tidak memilih pemenang dalam kategori apa pun.

Pengumuman akan berlangsung jam 3 sore waktu setempat di Columbia University, New York, yang mendirikan fakultas jurnalistik dengan hibah dari Joseph Pulitzer, penerbit New York World dan koran-koran AS lainnya pada akhir abad 19 dan awal abad 20. Warisannya mendanai penghargaan di tahun-tahun awal dan ia memilih Columbia untuk mengurusnya.

Selama bertahun-tahun, harian The New York Times telah memenangkan hadiah lebih banyak dibandingkan organisasi berita lainnya, dengan 117 Pulitzer Prize dan kutipan, menurut laman surat kabar itu.

Tahun lalu, koran itu memenangkan tiga Pulitzer, termasuk hadiah pelaporan internasional untuk liputannya tentang wabah Ebola di Afrika Barat.

Pulitzer untuk layanan publik pada tahun lalu diberikan untuk Charleston, South Carolina's Post and Courier untuk rangkaian berita mengenai kekerasan dalam rumah tangga.

Dalam penghargaan pertama tahun 1917, Herbert Bayard Swope dari New York World mendapat hadiah atas liputan berjudul "Di Dalam Kekaisaran Jerman," sementara New York Tribune meraih hadiah untuk penulisan tajuk rencana mengenai tenggelamnya Lusitania. [hd]

XS
SM
MD
LG