Tautan-tautan Akses

Penggugat Cosby Minta Semua Kesaksiannya Diungkap ke Publik

  • Associated Press

Komedian Bill Cosby tampil di Madison Square Garden, New York. (Foto: Dok)

Komedian Bill Cosby tampil di Madison Square Garden, New York. (Foto: Dok)

Cosby, para pengacara dan para agennya dianggap melanggar perjanjian kerahasiaan dalam penyelesaian pengadilan tahun 2006.

Penggugat pertama Bill Cosby telah meminta seorang hakim untuk merilis deposisi penuh komedian itu dalam gugatan serangan seksnya, dengan mengatakan bahwa Cosby, para pengacara dan para agennya melanggar perjanjian kerahasiaan dalam penyelesaian pengadilan tahun 2006.

Pengacara Andrea Constand mengatakan hari Rabu (8/7) bahwa seluruh deposisi atau kesaksian itu harus diungkap ke publik, termasuk pernyataan-pertanyaan yang dijawab Cosby di bawah sumpah mengenai penggunaan obat penenang quaaludes dan obat-obatan lainnya, dugaan penggunaan uang tutup mulut untuk membungkam para perempuan, perjanjian untuk mematikan cerita penggugat dan dugaan skandalnya dengan perempuan-perempuan lain.

Pengacara Constand mengatakan Cosby dan perwakilannya melanggar perjanjian kerahasiaan dengan komentar-komentar publik yang dibuat selama bertahun-tahun dan kemudian minggu ini, namun Constand tidak berdaya menanggapinya.

"Pengungkapan dokumen-dokumen ini akan membantu perempuan-perempuan lain yang telah menjadi korban dan memunculkan kesadaran pada fakta bahwa serangan seksual tidak hanya dilakukan dengan senjata api atau pisau tapi juga oleh para mentor yang terlibat dalam perilaku eksploitatif," tulis pengacara Dolores M. Troiani dalam permintaan kepada hakim.

Para pengacara untuk Cosby, 77, tidak berkomentar.

Mosi tersebut muncul setelah Hakim Distrik AS Eduardo Robreno mengungkapkan cuplikan-cuplikan dari kesaksian Cosby minggu ini sebagai tanggapan terhadap permintaan kantor berita Associated press, yang menyimpulkan bahwa publik berhak melihat "kontras jelas" antara Cosby yang seorang moralis publik dan pernyataan-pernyataan yang ia buat di bawah sumpah mengenai gaya hidup dan perilakunya.

Cuplikan itu menunjukkan bahwa Cosby mengaku ia telah membeli quaaludes pada tahun 1970an agar ia dapat memberikannya kepada perempuan-perempuan muda yang ia kejar untuk ditiduri. Saat ditanya apakah mereka mengkonsumsinya, para pengacara keberatan dan ia tidak pernah menjawabnya.

Frustrasi dengan upayanya mengelak pertanyaan, Troiani ke pengadilan untuk memaksa Cosby dan pengacaranya bekerjasama dalam deposisi pra-peradilan. Ia meminta Roberto memaksa komedian itu menjawab 50 pertanyaan mengenai gaya hidupnya, penggunaan obat dan hubungan seks dengan 13 perempuan lain yang telah maju untuk mengatakan Cosby telah mencabuli mereka dan mungkin mencekoki mereka obat bertahun-tahun lalu.

Deposisi itu dilaksanakan dan Troiani sekarang ingin jawaban-jawaban itu diungkap ke publik.

Cosby menyelesaikan kasus itu setelah deposisinya dengan jumlah uang yang tidak diketahui. Kedua pihak sepakat untuk menjaga kerahasiaan dan tidak berkomentar mengenai apa yang terjadi atau tidak terjadi antara mereka. ​

XS
SM
MD
LG