Tautan-tautan Akses

AS

Penggemar Serial 'Veronica Mars' Galang $2 Juta untuk Pembuatan Versi Layar Lebar


Kreator serial "Veronica Mars", Rob Thomas (kiri) dalam sebuah konferensi pers bersama aktris utama Kristen Bell. (Foto: Dok)

Kreator serial "Veronica Mars", Rob Thomas (kiri) dalam sebuah konferensi pers bersama aktris utama Kristen Bell. (Foto: Dok)

Dalam tempo singkat, para penggemar "Veronica Mars" menyumbang US$2 juta untuk pembuatan versi layar lebar serial televisi tersebut.

Para penggemar serial televisi “Veronica Mars” berhasil menggalang dana US$2 juta (Rp 19,4 miliar) dalam tempo singkat pada Rabu (13/3), untuk mendanai versi layar lebar kisah misteri mengenai seorang perempuan muda yang bekerja sebagai penyelidik swasta tersebut.

Lebih dari 33.000 orang telah menyumbangkan dana mulai dari $1 sampai $10.000 di situs penggalangan dana Kickstarter.com, kurang dari 24 jam setelah kampanye itu diluncurkan.

Pembuat serial televisi tersebut, Rob Thomas, mengatakan ia melakukan perjanjian dengan studio Hollywood, Warner Bros., utuk membuat film layar lebar berdasarkan serial tersebut, jika ia berhasil mengumpulkan $2 juta sampai 12 April lewat kampanye tersebut.

“Reaksi mereka adalah, jika saya dapat menunjukkan para penggemar cukup tertarik dengan pembuatan film ini, maka mereka akan membuatnya,” tulis Thomas dalam halaman donasi film tersebut, dengan menambahkan bahwa jika berhasil, maka film tersebut akan dirilis awal 2014.

“Veronica Mars,” dibintangi aktris Kristen Bell, dan disiarkan dari 2004-2007 di jaringan televisi AS UPN dan CW. Serial ini mengisahkan seorang siswi sekolah menengah atas yang kemudian masuk kuliah dan bekerja sebagai penyelidik swasta untuk misteri-misteri yang kompleks.

Thomas mengatakan ia sedang menggarap naskah film layar lebarnya segera setelah serial itu dibatalkan penayangannya pada 2007. Namun ia mengatakan Warner Bros. menolak membiayainya saat itu, dengan mengatakan bahwa mereka tidak yakin ada cukup ketertarikan yang menjamin studio besar membuat film tentang Veronica.

Bell, yang juga akan bermain dalam versi layar lebar, berjanji dalam situs Kickstarter bahwa jika $2 juta dicapai, “kami akan membuat film detektif paling kritis, paling keren dan paling menyenangkan” yang pernah ada.

Inisiatif Kickstarter yang populer ini telah memungkinkan banyak orang mengumpulkan uang untuk proyek-proyek dalam kerangka waktu tertentu, selama mereka diberi hadiah untuk donasi tersebut.

Para penyumbang “Veronica Mars” akan diberi berbagai suvenir, mulai dari naskah berformat PDF pada hari film dirilis (untuk sumbangan minimal $10) sampai digunakan namanya untuk seorang karakter di film (untuk $8.000) dan tampil di film dengan dialog (untuk seorang pendonor yang menyumbang $10.000).

Film ini merupakan proyek yang paling cepat mendapat $1 juta pada Kickstarter, yaitu dalam waktu empat jam 24 menit. Film ini juga merupakan film atau video yang paling banyak didanai. Sebelumnya, sumbangan tertinggi didapat oleh “The Goon” ($442.000) dan "Charlie Kaufman's Anomalisa" ($406.000), keduanya film animasi.

Pengumpulan dana ini telah memberikan pembuat film cara baru untuk mendapatkan pendanaan yang sulit didapatkan. Pada acara Academy Awards bulan lalu, film dokumenter pendek “Inocente” menjadi film pertama yang mendapat pendanaan lewat Kickstarter yang pernah memenangkan piala Oscar. Film ini mendapat $52.000 dari 300 donor. (AP/Reuters)
XS
SM
MD
LG