Tautan-tautan Akses

Penggemar Berduka Atas Berakhirnya 'Late Show with David Letterman'

  • Adam Phillips

Greg Contaldi, penggemar berat David Letterman, di luar studio di Manhattan untuk mendapatkan tiket pertunjukan terakhir. (VOA/Adam Phillips)

Greg Contaldi, penggemar berat David Letterman, di luar studio di Manhattan untuk mendapatkan tiket pertunjukan terakhir. (VOA/Adam Phillips)

Dalam acara NBC "Late Night" dan kemudian CBS "Late Show," Letterman memperlihatkan karakteristik gaya dan kepercayaan diri khas New York.

Suasana melankolis terasa di luar Teater CBS Ed Sullivan di kota New York, saat para penggemar David Letterman menunggu dengan sabar, berharap mendapatkan tiket langka untuk menonton pembawa acara bincang-bincang larut malam legendaris itu merekam acara ke-6028 atau terakhirnya, Rabu (20/5).

Banyak yang bersedih dengan pensiunnya Letterman, terutama mereka yang menonton acara itu sejak masih anak-anak.

Fitur-fitur komedi rutin yang ditayangkan oleh Letterman, seperti “The Top Ten List," atau “Stupid Pet Tricks” -- membawa banyak kejutan ke dalam acara televisi larut malam yang kontras dengan para pendahulunya yang lebih formal, seperti Johnny Carson dan Jack Paar.

Dalam acara NBC "Late Night" dan kemudian CBS "Late Show," Letterman memperlihatkan karakteristik gaya dan kepercayaan diri khas New York. Seringkali Letterman keluar ke jalan dekat studionya di Broadway untuk berinteraksi dengan para pekerja, turis atau orang yang lewat.

Namun Letterman sendiri, yang dibesarkan di Indiana, dipuji secara luas atas gaya mengobrol santai dengan tamu-tamu terkenenal, termasuk Bill Murray, Oprah Winfrey, Julia Roberts dan Presiden AS Barack Obama. Ia selalu siap dengan cengirannya yang khas, menampilkan celah di gigi depan, yang memperlihatkan ironi sekaligus kepolosan.

​Acara terakhir Letterman pada Rabu malam menampilkan rekaman kata-kata pembuka dari Obama dan mantan presiden George H.W. Bush, Bill Clinton dan George W. Bush. Masing-masing mengatakan "mimpi buruk panjang nasional telah berakhir," mengacu pada deklarasi Presiden Gerald Ford ketika menjabat, menyusul pengunduran diri Richard Nixon. Letterman kemudian muncul dalam segmen tersebut, bertanya pada Obama, "Anda bercanda, kan?"

Acara menampilkan banyak selebritis dan potongan-potongan acara lama serta ditutup dengan band Foo Fighters memainkan lagu hit mereka "Everlong."

Letterman mulai menjadi pembawa acara "Late Night" di NBC pada 1982 namun pindah ke CBS 11 tahun kemudian karena ia tidak terpilih menggantikan Johnny Carson sebagai pembawa acara "The Tonight Show."

Dalam monolog terakhirnya, Letterman bahkan berseloroh bahwa, "ini mulai kelihatan seperti saya tidak akan mendapat acara 'The Tonight Show'."

"The Late Show" akan diambil alih oleh komedian Steven Colbert.

XS
SM
MD
LG