Tautan-tautan Akses

Pengendara Mobil di Moskow Protes Pencalonan Putin


Pengendara mobil di Rusia memasang balon-balon warna putih untuk memprotes pencalonan kembali Putin sebagai Presiden (29/1).

Pengendara mobil di Rusia memasang balon-balon warna putih untuk memprotes pencalonan kembali Putin sebagai Presiden (29/1).

Sekitar 3.000 pengendara menutupi mobil mereka dengan warna putih, dan mengendarainya melintasi jalan-jalan di Moskow.

Para pengendara mobil melancarkan protes baru hari Minggu menentang kemungkinan kembalinya Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin memegang jabatan presiden, dengan menutupi mobil mereka dengan warna putih, dan mengendarainya melintasi jalan-jalan Moskow.

Para aktivis mengatakan sampai sebanyak 3 ribu mobil dengan balon-balon dan pita warna putih, atau hiasan-hiasan lainnya melintasi Lingkaran Taman – jalan raya yang mengitari ibukota Rusia. Orang-orang yang tidak mempunyai mobil berdiri di sepanjang jalan dan melambaikan sapu-tangan putih.

Para penentang kembalinya Putin memegang jabatan presiden telah menetapkan putih sebagai warna mereka. Polisi Moskow mengatakan hanya 300 mobil yang ikut serta dalam aksi ini.

Mereka mengatakan naik mobil mengelilingi Moskow itu diadakan untuk mempublikasikan apa yang mereka harapkan akan menjadi demonstrasi anti-Putin besar-besaran Sabtu depan – bertepatan dengan satu bulan sebelum pemilihan presiden tanggal 4 Maret.

Para pakar politik Rusia yakin Putin akan dengan mudah memenangkan pemilihan presiden itu dan menjadi presiden kembali. Ia tidak dapat mencalonkan diri kembali tahun 2008, setelah memegang dua masa jabatan presiden berturut-turut.

XS
SM
MD
LG