Tautan-tautan Akses

AS

Pengeluaran Biaya Konstruksi AS Bulan Desember Naik


Rambu peringatan pembangunan sedang berlangsung di US Route 550 di Bernalillo, N.M. (Foto: ilustrasi)

Rambu peringatan pembangunan sedang berlangsung di US Route 550 di Bernalillo, N.M. (Foto: ilustrasi)

Pengeluaran untuk pembangunan konstruksi di Amerika naik sedikit bulan Desember, mendorong pengeluaran total tahun 2015 ke tingkat tertinggi dalam delapan tahun.

Pengeluaran konstruksi meningkat 0,1 persen pada bulan Desember setelah turun bulan Oktober dan November, demikian menurut Departemen Perdagangan AS hari Senin (1/2).

Peningkatan bulan Desember didorong oleh kenaikan konstruksi perumahan dan pengeluaran proyek-proyek pemerintah. Ini mengimbangi penurunan pengeluaran konstruksi pada sektor swasta untuk pembangunan pusat-pusat perbelanjaan, gedung perkantoran dan hotel.

Untuk keseluruhan tahun 2015, pengeluaran konstruksi melonjak 10,5 persen menjadi $ 1,1 triliun, jumlah tertinggi sejak 2007.

Lonjakan pembangunan perumahan memuncak tahun 2006 sebelum anjlok lima tahun berikutnya. Pengeluaran konstruksi telah meningkat sejak tahun 2012. Para ekonom yakin aktivitas pembangunan, yang didorong oleh konstruksi perumahan, akan meningkatkan perekonomian secara keseluruhan tahun ini.

Pembangunan perumahan mencapai titik terang pada kuartal keempat, berkembang dengan tingkat tahunan sebesar 8,1 persen pada periode bulan Oktober-Desember. Itu merupakan salah satu indikasi terbaik dalam setiap kategori utama.

Perekonomian secara keseluruhan, dengan tolak ukur produk domestik bruto, tumbuh pada tingkat tahunan paling sedikit 0,7 persen dalam kuartal keempat. Para ekonom memperkirakan pertumbuhan yang lebih kuat kira-kira 2,5 persen untuk periode bulan Januari-Maret sekarang.

Bulan Desember lalu, konstruksi perumahan naik 0,9 persen, sementara pembangunan non-perumahan turun 2,1 persen. Pengeluaran untuk proyek-proyek pemerintah negara bagian dan lokal naik 2,3 persen, tetapi pengeluaran untuk proyek-proyek gedung federal turun 3,3 persen.

Untuk tahun 2015, konstruksi perumahan naik 12,6 persen, sementara aktivitas sektor swasta non-perumahan naik 12 persen. Sektor ini kuat hampir sepanjang tahun, tetapi menurun dalam tiga hingga empat bulan terakhir. Pengeluaran untuk proyek-proyek pembangunan negara bagian dan lokal naik 6,1 persen pada tahun 2015, sementara pengeluaran untuk proyek-proyek pemerintah federal naik 0,7 persen. [zb/ii]

XS
SM
MD
LG