Tautan-tautan Akses

Pengecer Global Beri Tenggat bagi Keselamatan Kerja Garmen Bangladesh


Para pekerja pada industri garmen (foto: ilustrasi). Jaringan pengecer global setuju untuk memperbaiki kondisi kerja di pabrik-pabrik garmen di Bangladesh.

Para pekerja pada industri garmen (foto: ilustrasi). Jaringan pengecer global setuju untuk memperbaiki kondisi kerja di pabrik-pabrik garmen di Bangladesh.

Perjanjian mengenai keselamatan kerja pabrik-pabrik garmen di Bangladesh itu disepakati oleh beberapa jaringan perusahaan Barat, eksportir garmen dari Bangladesh.

Perusahaan-perusahaan Barat menetapkan 15 Mei sebagai tenggat untuk menandatangani perjanjian yang dipimpin Organisasi Buruh Internasional untuk memperbaiki kondisi kerja di pabrik-pabrik garmen di Bangladesh.

Perjanjian itu muncul sementara pihak berwenang mengakhiri pencarian korban gedung ambruk bulan lalu yang menewaskan 1.127 pekerja perusahaan konveksi di dekat ibukota, Dhaka. Perjanjian itu mewajibkan perusahaan-perusahaan ritel untuk melakukan inspeksi keselamatan independen ke pabrik-pabrik serta membayar biaya perbaikan dan peningkatan keselamatan kerja.

Perjanjian mengenai keselamatan itu disepakati jaringan perusahaan Swedia H&M, pembeli terbesar garmen buatan Bangladesh, jaringan perusahaan Belanda C&A, pemilik jaringan perusahaan busana Zara, dan dua perusahaan ritel Inggris – Primark dan Tesco.

Selain itu, PVH Corporation yang berbasis di New York, induk perusahaan baju bermerek Calvin Klein, Tommy Hilfiger dan Izod, sepakat untuk memperbaiki kesepakatan serupa yang dicapai pada tahun 2012.

Di antara yang masih bertahan adalah perusahaan ritel raksasa Amerika Walmart dan Gap yang menyatakan akan mengeluarkan program keselamatan mereka sendiri.

Menurut para pejabat, hampir 2.500 orang diselamatkan hidup-hidup, termasuk seorang penjahit berusia 19 tahun yang ditemukan hari Jumat setelah terkubur di bawah reruntuhan bangunan itu selama 17 hari.

Pihak berwenang telah menangkap sedikitnya sembilan orang terkait ambruknya gedung itu, termasuk pemilik bangunan.
XS
SM
MD
LG