Tautan-tautan Akses

Pengawas Wall Street Lirik Intelijen Artifisial


Suasana di Bursa Saham New York (26/9). (AP/Richard Drew)

Suasana di Bursa Saham New York (26/9). (AP/Richard Drew)

Kekhawatiran terbesar di pasar keuangan adalah ada skema manipulatif yang tidak disadari banyak pihak.

Dua operator valuta telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan alat intelijen artifisial (AI) untuk pemantauan pasar dalam beberapa bulan ke depan, dan para pejabat regulator Wall Street mengatakan kepada Reuters bahwa mereka juga tidak ketinggalan dalam hal itu.

Para eksekutif berharap komputer-komputer dengan kecerdasan menyerupai manusia dapat membantu menangkap kenakalan lebih cepat.

Perangkat lunak tersebut, misalnya, dapat membersihkan pesan di ruang-ruang percakapan untuk mendeteksi perilaku buruk pada saat perdagangan besar. Perangkat tersebut juga dapat lebih cepat mengurai isu-isu kompleks, seperti "layering," yaitu ketika pesanan dikirim dengan cepat kemudian dibatalkan untuk secara artifisial mendorong harga saham.

AI bahkan bisa mencium jenis-jenis kecurangan baru, ujar Tom Gira, wakil presiden eksekutif untuk regulasi pasar pada Otoritas Regulator Industri Keuangan (FINRA).

"Kekhawatiran terbesar kita adalah ada skema manipulatif yang tidak kita sadari," ujarnya kepada Reuters. "Sepertinya alat-alat ini berpotensi memberi kita teropong yang lebih baik ke dalam pasar untuk jenis-jenis skenario semacam itu."

FINRA berencana untuk menguji coba perangkat lunak intelijen artifisial yang sedang dikembangkan secara internal itu untuk pemantauan tahun depan, sementara Nasdaq Inc dan Grup Bursa Saham London diperkirakan akan menggunakannya pada akhir tahun.

Para operator valuta juga berencana menjual teknologi ini kepada bank-bank dan manajer keuangan, jadi mereka dapat memantau para pialang mereka.

Intelijen artifisial adalah pemikiran bahwa komputer dapat meniru perilaku manusia, seperti memami bahasa, menyelesaikan persoalan atau bahkan mendiagnosa penyakit.

Hal ini telah dikembangkan sejak tahun 1950an dan sekarang digunakan secara umum, seperti aplikasi Siri pada iPhone yang dapat terlibat dalam pembicaraan dan melakukan tugas.

Meskipun perusahaan-perusahaan finansial telah mengaplikasikan perangkat lunak AI untuk semua hal dari kepatuhan sampai pemilihan saham, baru-baru ini saja hal itu dianggap berguna untuk memantau pasar. [hd]

XS
SM
MD
LG