Tautan-tautan Akses

AS

3 Pengawal Obama Dipulangkan setelah Mabuk-mabukan di Eropa


Para anggota tim Kontra Serangan Dinas Rahasia AS, yang melindungi Presiden Amerika seandainya diserang melakukan tugasnya di Waregem, Belgia (26/3).

Para anggota tim Kontra Serangan Dinas Rahasia AS, yang melindungi Presiden Amerika seandainya diserang melakukan tugasnya di Waregem, Belgia (26/3).

Media-media berita Amerika mengatakan agen dinas rahasia AS didapati dalam keadaan tak sadarkan diri di lorong sebuah hotel di Amsterdam, Minggu (23/3).

Tiga agen Dinas Rahasia Amerika yang bertanggung jawab atas keamanan Presiden Barack Obama selama lawatannya ke Eropa telah dipulangkan ke Amerika, setelah salah satu di antaranya diketahui dalam keadaan mabuk di Belanda.

Media-media berita Amerika mengatakan agen itu didapati dalam keadaan tak sadarkan diri di lorong sebuah hotel di Amsterdam, Minggu (23/3), satu hari sebelum Obama tiba untuk menghadiri pembukaan sebuah KTT Nuklir global. Staf hotel memberitahu Kedubes Amerika mengenai insiden itu, dan kedubes Amerika kemudian menginformasikannya ke Dinas Rahasia.

Juru bicara Dinas Rahasia mengatakan ketiga agen itu dikenakan cuti administratif sementara waktu.

Ketiga agen itu merupakan anggota tim Kontra Serangan Dinas Rahasia, yang melindungi Presiden Amerika seandainya diserang.

Dinas Rahasia Amerika mengeluarkan serangkaian pedoman yang mengatur perilaku agen setelah insiden tahun 2012 yang melibatkan sekelompok agen yang membawa pelacur ke kamar hotel mereka di Cartagena, Kolombia sebelum kedatangan Obama untuk menghadiri sebuah KTT ekonomi.

Berdasarkan pedoman baru itu para pengawal presiden dilarang minum minuman keras 10 jam sebelum tugas resmi mereka.

Penyelidikan internal yang dilakukan Departemen Keamanan Dalam Negeri – yang membawahi Secret Service – mendapati tidak ada tingkah laku yang tidak baik dan meluas di badan itu.
XS
SM
MD
LG