Tautan-tautan Akses

AS

Pengaruh Partai Republik AS Mulai Berkurang di Kawasan Miami


Anggota DPR AS dari Partai Demokrat Whip Steny Hoyer (kiri), dan Joe Garcia dalam konferensi pers tentang reformasi imigrasi di Gedung Capitol, 2 Oktober 2013 (Foto: dok).

Anggota DPR AS dari Partai Demokrat Whip Steny Hoyer (kiri), dan Joe Garcia dalam konferensi pers tentang reformasi imigrasi di Gedung Capitol, 2 Oktober 2013 (Foto: dok).

Ketika Joe Garcia menjadi warga Amerika keturunan Kuba dari partai demokrat mendapat kursi dalam DPR tahun 2012, hal tersebut merupakan pertanda mulai retaknya kekuatan partai republik di kawasan Miami.

Selama lebih dari dua dasa warsa tokoh-tokoh politik yang ingin menjadi anggota DPR mewakili kota Miami dimana banyak pengungsi dari Kuba, hanya perlu dua hal, yaitu kartu keanggotaan partai republik dan sikap politik yang keras terhadap pemerintahan komunis di Kuba.

Ketika Joe Garcia menjadi warga Amerika keturunan Kuba dari partai demokrat mendapat kursi dalam DPR tahun 2012, itu merupakan pertanda mulai retaknya kekuatan partai republik di kawasan yang penting itu.

Joe Garcia berkampanye untuk melonggarkan berbagai pembatasan bagi warga Amerika keturunan Kuba yang ingin mengunjungi keluarga di Kuba atau mengirim uang kepada mereka.

Sejak itu Garcia juga telah mendorong diadakannya percobaan klinis di Amerika atas obat diabetes yang dikembangkan di Kuba, dan memudahkan para diplomat Kuba berkunjung ke Amerika.

Ketika tokoh-tokoh partai republik di Florida, termasuk senator Marco Rubio, marah ketika presiden Obama berjabat tangan dengan presiden Kuba raoul Castro bulan lalu, Joe Garcia menepiskannya dengan mengatakan itu hanya basa basi yang biasa saja.

Beberapa tahun yang lalu, tiap usaha yang untuk memperbaiki hubungan dengan Kuba biasanya hanya mendapat tentangan kuat ataupun serangan bom.
XS
SM
MD
LG