Tautan-tautan Akses

Pengarang Buku 'Locomotive' Peroleh Medali Caldecott


Brian Floca, saat menghadiri Festival Buku 2007 di Austin, Texas (Foto: wikipedia common). Buku cerita bergambar anak-anak karyanya memperoleh penghargaan medali "The Randolph Caldecott" 2014.

Brian Floca, saat menghadiri Festival Buku 2007 di Austin, Texas (Foto: wikipedia common). Buku cerita bergambar anak-anak karyanya memperoleh penghargaan medali "The Randolph Caldecott" 2014.

Brian Floca, memperoleh penghargaan Medali "The Randolph Caldecott" untuk buku cerita anak-anak bergambar terbaik dengan karyanya yang berjudul “Locomotive”.

Pustakawan Amerika telah memilih karya terbaik untuk buku anak-anak 2014. Salah satu dari buku yang memenangkan kontes ini berkisah tentang seekor tupai dan seorang anak yang dipenuhi imajinasi yang mengagumkan. Sebuah buku lainnya berkisah tentang kereta api.

Deborah Taylor adalah seorang pustakawan di Perpustakaan Enoch Pratt Free di Baltimore, Maryland.Dia bersama beberapa anggota panitia pemilih lain melakukan seleksi pemenang kontes buku terbaik ini.

“Yang mereka nilai adalah mutu penulisan, mutu penuturan ceritanya,” ungkap Deborah Taylor.

Penghargaan medali untuk sumbangan terbaik dalam kesusateraan anak-anak "The John Newberry", dimenangkan oleh Kate DiCamillo, untuk bukunya yang berjudul “Flora & Ulysses: The Illuminated Adventures”. Ini merupakan kedua kalinya Kate DiCamillo, memenangkan penghargaan Newberry.

Buku dengan kisah sangat lucu ini menceritakan pengalaman seekor tupai bernama Ulysses dan seorang anak perempuan bernama Flora. Mereka berdua tinggal di dunia baik nyata maupun khayal.

“Ia memanfaatkan unsur mencipta dan masuk kedalam benak pembacanya, benak yang kreatif, pemikiran anak-anak yang menyukai dongeng, Kate Di Camillo berhasil melakukan ini lebih baik dari penulis lain.

Kate DiCamillo juga menjadi Duta Besar Nasional untuk Pustaka Generasi Muda di Amerika. Penghargaan Newberry dan tanggung jawab sebagai Duta Besar membuatnya akan banyak melakukan perjalanan tahun ini. DiCamillo akan berbicara tentang pentingnya buku cerita dan kegemaran membaca bagi perkembangan anak-anak.

Sementara itu, penghargaan berupa medali "The Randolph Caldecott" untuk buku cerita anak-anak bergambar terbaik, dimenangkan oleh Brian Floca dan bukunya yang berjudul “Locomotive”.

Buku ini sangat memahami aspirasi anak-anak. Dalam buku ini ditampilkan hal-hal yang diminati oleh seorang anak, seperti misalnya, bagaimana memakai kamar mandi di kereta apai, makan di dalam mobil.

Semakin banyak penghargaan diberikan dalam kategori buku untuk remaja, juga buku untuk penyandang cacat. Ada pula penghargaan untuk buku yang diterjemahkan dari bahasa lain, seperti misalnya hadiah Pura Belpre yang memberi penghargaan untuk penulis Amerika Latin.

Sebuah buku berjudul, “P.S. Be Eleven” yang ditulis Rita Williams-Garcia memenangkan penghargaan Coretta Scott King, sebuah hadiah yang khusus ditujukan untuk penulis Amerika keturunan Afrika.
XS
SM
MD
LG