Tautan-tautan Akses

AS

Pengangguran di Amerika Naik Sedikit, Gaji Naik


Para pencari kerja menghadiri bursa tenaga kerja di New York, 2 November 2016. (AP Photo/Bebeto Matthews)

Data memperlihatkan gaji naik sekitar empat persepuluh dari satu 1 persen, atau 10 sen per jamnya. Gaji tumbuh 2,9 persen dibandingkan tahun lalu, yang merupakan laju tercepat dalam beberapa tahun dan diatas angka inflasi.

Tingkat pengangguran di Amerika naik sepersepuluh dari satu persen, mencapai 4,7 persen pada Desember. Laporan Jumat (6/1) dari Departemen Tenaga Kerja mengatakan, ekonomi menciptakan 156 ribu lapangan pekerjaan baru pada Desember. Pada 2016, ekonomi menciptakan 2,2 juta lapangan pekerjaan, di bawah dari angka satu tahun sebelumnya.

Data memperlihatkan gaji naik sekitar empat persepuluh dari satu 1 persen, atau 10 sen per jamnya. Gaji tumbuh 2,9 persen dibandingkan tahun lalu, yang merupakan laju tercepat dalam beberapa tahun dan di atas angka inflasi.

Pakar ekonomi Jed Kolko dari situs “Indeed” mengatakan, laporan Desember itu memperlihatkan 2016 menyaksikan pemulihan mantap dalam pasar tenaga kerja. Katanya, kini lebih banyak orang bekerja dibandingkan tahun-tahun sejak resesi. [jm]

XS
SM
MD
LG