Tautan-tautan Akses

AS

Tingkat Pengangguran AS Terendah dalam 7 Tahun


Sebuah toko di New York menawarkan lowongan kerja di pintu masuk (foto: dok). Ekonomi Amerika menciptakan 211 ribu lapangan pekerjaan pada November.

Sebuah toko di New York menawarkan lowongan kerja di pintu masuk (foto: dok). Ekonomi Amerika menciptakan 211 ribu lapangan pekerjaan pada November.

Ekonomi AS menciptakan 211 ribu lapangan pekerjaan pada November, sementara pengangguran tetap konstan pada tingkat 5 persen.

Ekonomi Amerika menciptakan 211 ribu lapangan pekerjaan pada November, sementara pengangguran tetap konstan pada tingkat 5 persen, ini merupakan terendah dalam 7 tahun terakhir.

Laporan pemerintah Jumat mengatakan, penciptaan lapangan pekerjaan berlangsung di sektor konstruksi, layanan profesional, dan layanan kesehatan. Pertambangan dan beberapa bisnis media kehilangan lapangan pekerjaan.

Bisnis Amerika telah menciptakan 13,7 juta lapangan pekerjaan dalam kurun waktu kurang dari 6 tahun, tetapi penasihat ekonomi Gedung Putih Jason Furman memperingatkan, “pekerjaan di hari-hari mendatang masih banyak.”

Sebanyak 7,8 juta warga Amerika masih menganggur, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, dan 6,1 juta lainnya hanya bisa kerja paro-waktu, meskipun mereka mendambakan kerja penuh waktu. Gaji rata-rata naik 2,3 persen dibandingkan tahun lalu.

Penciptaan lapangan pekerjaan lebih besar dari perkiraan pakar ekonomi, serta mendukung kebijakan bank sentral untuk menaikkan suku bunga utama pada Desember ini.

Selama resesi, Fed telah memotong suku bunga pada laju terendah guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Gubernur Bank Sentral Janet Yellen memberi tahu Kongres Kamis, dia menyaksikan banyak data ekonomi yang memperlihatkan ekonomi pulih kembali dan tidak perlu dibantu kebijakan suku bunga yang rendah. Dia juga mengatakan, ekonomi perlu menciptakan sekitar 100 ribu lapangan pekerjaan guna menampung tenaga kerja baru, dan lapangan pekerjaan baru yang tercipta sejauh ini mencapai laju lebih tinggi dari persyaratan tersebut.

Laporan menggembirakan pada Jumat itu seputar pasar tenaga kerja bisa mengatasi kekhawatiran investor tentang belanja konsumen yang kurang bersemangat dan penurunan di sektor jasa dari ekonomi. [my/jm]

XS
SM
MD
LG