Tautan-tautan Akses

Pengamat OSCE Khawatirkan Konvoi di Ukraina Timur


Konvoi kendaraan militer di luar kota yang dikuasai oleh separatis Makiivka, 25 km dari Donetsk, Ukraina Timur, 8 November 2014

Konvoi kendaraan militer di luar kota yang dikuasai oleh separatis Makiivka, 25 km dari Donetsk, Ukraina Timur, 8 November 2014

Para pengamat Eropa di Ukraina mengatakan, mereka sangat prihatin setelah menyaksikan konvoi-konvoi senjata berat dan tank di kawasan-kawasan yang dikuasai separatis di Ukraina.

Menlu Swiss dan ketua Organisasi Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE), Karl Erjave, mengatakan ia khawatir dengan kemungkinan munculnya kembali kekerasan.

Hari Sabtu (8/11), ia mendesak semua pihak untuk mengusahakan segala hal dalam kewenangan mereka untuk mengkonsolidasi lebih jauh gencatan senjata, dan menghindari tindakan-tindakan yang bisa mengarah ke eskalasi baru.

Menlu AS John Kerry mengatakan di Beijing, Sabtu, Amerika dan Rusia sepakat untuk bertukar informasi mengenai perkembangan di Ukraina.

Mengenai sanksi terhadap Rusia, Kerry mengatakan, pilihan-pilihan yang diambil Moskow menyangkut Ukraina akan menentukan apa yang terjadi.

Menlu Rusia Sergei Lavrov, yang bertemu sebentar dengan Kerry, mengatakan, terserah pada separatis dan pemerintah Ukraina untuk menyelesaikan kesepakatan gencatan senjata.

XS
SM
MD
LG