Tautan-tautan Akses

AS

Pengamanan Marathon Boston Super Ketat


Dari kiri, Yemane Adhane Tsegay dari Ethiopia, Tadese Tola dari Ethiopia, Meb Keflezighi dari San Diego, Lelisa Desisa dari Ethiopia, Danthan Ritzenhein, dari Rockford, Michigan, and Matt Tegenkamp dari Portland, Oregon, memulai Marathon Boston, Senin pagi (20/4) waktu setempat.

Dari kiri, Yemane Adhane Tsegay dari Ethiopia, Tadese Tola dari Ethiopia, Meb Keflezighi dari San Diego, Lelisa Desisa dari Ethiopia, Danthan Ritzenhein, dari Rockford, Michigan, and Matt Tegenkamp dari Portland, Oregon, memulai Marathon Boston, Senin pagi (20/4) waktu setempat.

Boston Marathon ke-119 berlangsung di bawah rintik hujan hari Senin, dua tahun setelah serangan bom yang menewaskan tiga orang dan melukai 264 lainnya.

Pengamanan terhadap Marathon Boston berlangsung sangat ketat, namun tahun ini fokus kembali berada pada kompetisi olahraga berkelas internasional ini.

Sekitar 30.000 pelari terdaftar untuk ikut serta dalam marathon ini. Puluhan ribu penonton terlihat sepanjang rute marathon untuk memberi semangat kepada para pelari di Boston, tuan rumah marathon tahunan tertua ini.

"Bagi kami prinsip utamanya, Marathon Boston adalah acara olahraga internasional yang berfokus pada kompetisi dan keunggulan," ujar direktur eksekutif Boston Athletic Association, Tom Grik, kepada Associated Press pekan lalu. "Kami memulainya di sana, setiap kali. Termasuk tahun lalu," katanya.

Tahun lalu merupakan tahun pertama setelah pemboman. Pada 15 April 2013, dua bersaudara Tamerland dan Dzhokhar Tsarnaev meledakkan dua bom rumahan yang terbuat dari panci berisi paku, dekat garis finish Lapangan Copley setelah sebagian pelari menyelesaikan marathon. Ledakan menewaskan tiga orang dan menciderai 264.

Beberapa hari setelah peristiwa ini, Tamerlan, 26 tahun, tewas tertabrak dalam tembak-menembak dengan polisi. Dzhokhar, yang saat itu berusia 19 tahun, ditangkap di luar kota Boston setelah pemburuan selama beberapa hari oleh aparat. Bulan ini, dewan juri menyatakan ia bersalah atas 30 tuntutan terkait dengan pemboman. Selasa, ia dijadwalkan untuk kembali ke pengadilan federal bagi fase persidangan berikutnya, di mana jaksa penuntut diperkirakan akan meminta hukuman mati bagi terdakwa.

"Yang terjadi di tahun 2013 adalah momen terpedih, tapi juga bagian dari sejarah kami," ujar Grik. "Sejarah ke depannya akan ditulis oleh orang-orang yang datang untuk berlari dan menonton dan berpartisipasi dalam segala cara."

Pengamanan akan berlangsung intensif, menurut Komisaris Polisi Boston William B. Evans kepada harian Boston Globe pekan lalu, menyebut penutupan jalan-jalan, titik-titik pemeriksaan dan pengerahan anjing-anjing pelacak bom sepanjang rute maratahon. Tas ransel, tas jinjing dan alat pendingin akan digeledah di titik-titik pemeriksaan.

Penegak hukum juga akan berjaga-jaga di dan dekat Fenway Park, stadion tim baseball Red Sox Boston. Menurut tradisi, mereka akan bermain pada hari yang sama, dimulai pada pukul 11:00 siang.

Dalam marathon tahun lalu, Meb Keflezighi menjadi pria AS pertama yang memenangkan marathon sejak 1983. Pelari dari Afrika biasanya mendominasi divisi pria dalam tahun-tahun belakangan.

Marathon akan berlangsung di tengah perkiraan cuaca hujan, angin dan temperatur sekitar 10 derajat Celcius, yang terhitung dingin untuk musim semi.

XS
SM
MD
LG