Tautan-tautan Akses

Pengadilan Gelar Sidang Gugatan Hukum Terhadap Mantan Direktur IMF


Mantan direktur IMF Dominique Strauss-Kahn saat menghadiri sidang di New York (Foto: dok).

Mantan direktur IMF Dominique Strauss-Kahn saat menghadiri sidang di New York (Foto: dok).

Pengacara mantan direktur IMF, Dominique Strauss-Kahn dan pelayan hotel New York Nafissatou Diallo, akan memberitahu hakim New York mengenai perundingan kesepakatan kedua belah pihak, Senin (10/12).

Suatu kesepakatan di luar pengadilan mungkin akan diumumkan hari Senin (10/12), terkait gugatan yang diajukan terhadap mantan direktur Dana Moneter Internasional Dominique Strauss-Kahn oleh Nafissatou Diallo, pelayan hotel yang menuduh Strauss-Kahn melakukan serangan seksual pada tahun 2011.

Pengacara kedua pihak akan hadir di pengadilan kota New York untuk memberitahu hakim mengenai perundingan kesepakatan itu. Strauss-Kahn diperkirakan tidak menghadiri sidang.

Ekonom dan politisi Perancis itu ditangkap pada Mei 2011 setelah Diallo menuduh Strauss-Kahn menyerangnya sewaktu ia akan membersihkan kamar Strauss-Kahn di sebuah hotel mewah di kota New York. Para jaksa kemudian membatalkan tuduhan terhadap Strauss-Kahn, dengan mengatakan Diallo bukan saksi yang dapat dipercaya.

Skandal tersebut memaksa Strauss-Kahn untuk mundur dari jabatannya di IMF dan merusak kemungkinannya menjadi calon kuat dalam pemilihan presiden Perancis. Ia juga menghadapi dakwaan di Perancis bahwa ia terlibat dalam penyelenggaraan pesta-pesta yang dihadiri para lelaki kaya dan wanita pekerja seks komersial. Pengadilan akan mengeluarkan vonis dalam kasus tersebut akhir bulan ini.
XS
SM
MD
LG