Tautan-tautan Akses

Pengadilan Vietnam Tangguhkan Hukuman atas Terdakwa Kasus Korupsi


Duong Chi Dung, bekas kepala perusahaan perkapalan nasional Vietnam dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman mati akhir tahun lalu (foto:dok).

Duong Chi Dung, bekas kepala perusahaan perkapalan nasional Vietnam dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman mati akhir tahun lalu (foto:dok).

Korupsi yang melibatkan seorang eksekutif perusahaan kapal Vietnam, menimbulkan kejutan lagi ketika pengadilan banding tinggi di Hanoi menanyai para terdakwa dan bukannya mengeluarkan putusan mengenai vonis-vonis terhadap mereka.

Kasus korupsi yang melibatkan seorang eksekutif perusahaan kapal Vietnam, menimbulkan kejutan lagi ketika pengadilan banding tinggi di Hanoi menanyai para terdakwa dan bukannya mengeluarkan putusan mengenai vonis-vonis terhadap mereka.

Duong Chi Dung, bekas kepala perusahaan perkapalan nasional Vietnam (Vinalines), dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman mati akhir tahun lalu atas dakwaan mencuri 1.6 juta dolar dan kemudian lari ke luar negeri untuk menghindari pengadilan. Delapan orang lainnya juga dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman penjara tujuh sampai 22 tahun.

Pengacara Dung, Tran Dinh Trien, mengatakan kepada VOA siaran bahasa Vietnam bahwa dia menyambut baik langkah untuk menanyai para terdakwa, dengan mengatakan banyak isu yang perlu diklarifikasi dalam kasus itu.

“Kita perlu memeriksa betul-betul apakah kesalahan Dung terkait dengan melanggar peraturan negara secara sengaja atau kurangnya tanggungjawab yang menimbulkan akibat parah sehingga dijatuhi vonis; namun, tidak ada cukup bukti untuk menyatakan Dung dan Phuc bersalah menggelapkan 1.66 juta dolar,” kata Tran Dinh Trien

Trien menambahkan, pengadilan banding akan dilanjutkan pekan depan.
XS
SM
MD
LG