Tautan-tautan Akses

Pengadilan Tinggi Inggris Dukung Keputusan Penahanan Wartawan


David Miranda, pasangan jurnalis Glenn Greenwald, sempat ditahan di bandara Heathrow, Inggris dan diinterogasi selama sembilan jam, Agustus yang lalu (Foto: dok).

David Miranda, pasangan jurnalis Glenn Greenwald, sempat ditahan di bandara Heathrow, Inggris dan diinterogasi selama sembilan jam, Agustus yang lalu (Foto: dok).

Pengadilan Tinggi Inggris mendukung keputusan penahanan seorang pria di London tahun lalu yang membawa dokumen-dokumen rahasia yang dibocorkan mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional (NSA) Edward Snowden.

Pengadilan Tinggi Inggris, Rabu (19/2), menyatakan penahanan dan interogasi terhadap David Miranda, pasangan jurnalis Glenn Greenwald, tidak hanya sah secara hukum tapi juga mendesak.

Miranda ditahan di Bandara Heathrow Agustus lalu, dimana peralatan yang dibawanya – yang memuat hampir 60 ribu dokumen rahasia yang disandikan – disita. Ia pun diinterogasi selama hampir sembilan jam.

Para pengacara yang menangani Miranda dan Greenwald berargumentasi bahwa undang-undang anti-terorisme yang digunakan pemerintah untuk membenarkan tindakan itu tidak sepatutnya dan melanggar hak kebebasan berbicara Miranda.

Snowden menyerahkan ribuan dokumen rahasia ke Greenwald untuk digunakan dalam artikel-artikel yang dipublikasikan surat kabar The Guardian. Para pendukung kasus Greenwald mengatakan bahwa tindakan Inggris itu berpotensi mempengaruhi aktivitas-aktivitas jurnalis lain.

The Guardian mengutip pernyataan Miranda yang mengatakan keputusan itu membatasi jurnalisme investigasi yang bertanggungjawab atas isu-isu keamanan nasional. Belum jelas apakah Miranda dapat mengajukan banding atas keputusan tersebut.
XS
SM
MD
LG