Tautan-tautan Akses

Suriah dan Lebanon Terus Bertikai mengenai Kasus Pembunuhan Hariri


Sebuah acara mengenang PM Rafik Hariri di Beirut. Hariri dibunuh pada tanggal 14 Februari 2005.

Sebuah acara mengenang PM Rafik Hariri di Beirut. Hariri dibunuh pada tanggal 14 Februari 2005.

Suriah memerintahkan penangkapan 33 orang atas tuduhan memberi kesaksian palsu, dalam penyelidikan terkait kematian mantan PM Lebanon Rafik Hariri.

Pengadilan Suriah telah mengeluarkan surat izin penangkapan atas 33 tersangka. Termasuk di antaranya, beberapa hakim teras Lebanon dan pejabat internasional, atas tuduhan memberi kesaksian palsu dalam penyelidikan yang didukung PBB atas pembunuhan mantan Perdana Menteri Lebanon Rafik Hariri.

Surat izin penangkapan dikeluarkan terhadap perorangan yang disebut dalam gugatan hukum yang diajukan dalam pengadilan Suriah oleh mantan Jenderal Angkatan Darat Lebanon, Jamil al-Sayyed, satu dari empat perwira pro-Suriah yang dipenjarakan sehubungan dengan pembunuhan Hariri tahun 2005.

Para analis mengatakan ketegangan atas penyelidikan mahkamah khusus yang berbasis di Belanda mengenai pembunuhan Hariri dapat mendorong keruntuhan Lebanon, bila ada militan pro-Suriah Hizbullah didakwa dalam kasus tersebut. Laporan media mengatakan dakwaan itu dapat dikeluarkan sedini bulan ini.

Direktur Pusat Carnegie Timur-Tengah di Beirut mengatakan pada hari Senin, ia memperkirakan ketegangan antara kelompok Syiah yang didukung Suriah serta Iran dan Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri, putra mendiang Rafik Hariri, akan memburuk setelah Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengunjungi Lebanon bulan ini.

XS
SM
MD
LG