Tautan-tautan Akses

Pengadilan Rusia Tangguhkan Peradilan Pilot Ukraina


Pilot Ukraina, Nadezhda Savchenko, yang masih ditahan di Rusia (foto: dok).

Pilot Ukraina, Nadezhda Savchenko, yang masih ditahan di Rusia (foto: dok).

Sebuah pengadilan Rusia Jumat (31/7) menangguhkan sidang awal terhadap pilot Ukraina Nadezhda Savchenko yang ditangkap.

Pengadilan di Rusia barat-daya telah menangguhkan sidang awal terhadap pilot Ukraina Nadezhda Savchenko yang ditangkap, untuk mengambil keputusan mengenai permohonan pengacaranya untuk memindahkan peradilan ke Moskow.

Tim jaksa menuduh wanita Ukraina itu menyebabkan kematian dua orang wartawan Rusia di Ukraina timur tahun lalu. Mereka menuduh pilot wanita itu bertindak sebagai mata-mata dari udara yang membantu pasukan darat Ukraina menyerang wartawan itu.

Pengacara Savchenko dan pengeritik mengatakan pihak berwenang Rusia memperagakan peradilan politik terhadap pilot itu, yang menjadi lambang persatuan Ukraina dan perlawanan terhadap pemberontak yang didukung Rusia.

Pilot itu mengatakan dia diculik di dalam Ukraina bulan Juni tahun lalu oleh pemberontak pro-Rusia dan dengan paksa dibawa ke Rusia. Dia membantah keterlibatan dalam kematian wartawan itu, dan pengacaranya mengatakan mereka mempunyai rekaman telepon yang membuktikan Savchenko sudah dalam tahanan pada waktu kedua wartawan itu tewas.

Andrei Piontkovsky, seorang ilmuwan politik di Moskow, mengatakan tuduhan terhadap Savchenko sama sekali direkayasa.

XS
SM
MD
LG