Tautan-tautan Akses

AS

Pengadilan Kentucky Keluarkan Surat Nikah Pasangan Gay


Kim Davis (tengah) memberi pernyataan kepada media di Morehead, Kentucky, Senin (14/9).

Kim Davis (tengah) memberi pernyataan kepada media di Morehead, Kentucky, Senin (14/9).

Sebelumnya, pejabat kantor catatan sipil setempat dipenjara karena menolak mengeluarkan surat nikah bagi pasangan sesama jenis.

Seorang pejabat kantor catatan sipil yang membangkang dan dipenjara karena menolak mengeluarkan surat nikah bagi pasangan sesama jenis, kembali bekerja hari Senin (14/9), dan mengatakan tidak akan melarang wakilnya mengeluarkan surat nikah tersebut, tetapi mempertanyakan keabsahan dokumen tanpa izinnya itu.

Beberapa jam setelah Kim Davis kembali bekerja di kantor catatan sipil Rowan County di Kentucky, wakilnya – Brian Mason – mengeluarkan sebuah surat nikah untuk sepasang lesbian – Shannon Wampler dan Carmen Collins.

Kim Davis kembali bekerja setelah dipenjara selama lima hari. Hakim pengadilan federal menahannya karena menghina putusan pengadilan dan memenjarakannya setelah ia menolak menjalankan putusan hakim tersebut untuk mengeluarkan surat nikah, sesuai putusan Mahkamah Agung Amerika bulan Juni lalu yang menyatakan pasangan sesama jenis memiliki hak konstitusional untuk menikah.

Kim Davis yang menganut aliran Kristen-Apostolik mengatakan perkawinan sesama jenis melanggar keyakinan agamanya. Bagi beberapa warga Kristen konservatif di Amerika, ia menjadi pahlawan karena menolak mengeluarkan surat nikah bagi pasangan sesama jenis.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG