Tautan-tautan Akses

Pengadilan Italia Hukum Berlusconi Kerja Sosial


Silvio Berlusconi berbicara pada para pendukungnya, November 2013, menyusul pemecatan dirinya dari parlemen.

Silvio Berlusconi berbicara pada para pendukungnya, November 2013, menyusul pemecatan dirinya dari parlemen.

Selain dilarang memegang jabatan politik, mantan PM Italia Silvio Berlusconi harus bekerja selama setahun di sebuah rumah jompo.

Pengadilan Italia telah memerintahkan mantan Perdana Menteri Silvio Berlusconi untuk menggunakan satu tahun mendatang membantu kaum lanjut usia di sebuah rumah jompo yang dikelola gereja sebagai bagian dari hukumannya atas penipuan pajak.

Berlusconi akan berada 4 jam seminggu di rumah itu dekat Milan, menemani penghuni dan membawa mereka ke kebaktian agama.

Mantan perdana menteri itu masih dilarang menjadi anggota parlemen dan mencalonkan diri untuk jabatan politik. Tetapi, ia diizinkan turut dalam kampanye politik dan melakukan perjalanan terbatas ke Roma.

Pengadilan menghukum Berlusconi 4 tahun penjara tahun lalu atas penipuan pajak. Pengadilan kemudian memotong hukuman itu menjadi satu tahun kerja sosial untuk pelayanan masyarakat.

Inilah pertama kalinya bekas perdana menteri dijatuhi hukuman setelah menjalani banyak peradilan atas tuduhan yang berkisar dari penipuan hingga perbuatan tidak senonoh dengan seorang pelacur remaja.

Berlusconi adalah salah seorang pria terkaya Italia dan masih merupakan kekuatan politik yang utama. Ia mengatakan semua tuduhan terhadapnya direkayasa oleh kelompok liberal yang menjadi musuh politiknya.
XS
SM
MD
LG