Tautan-tautan Akses

Pengadilan Inggris Periksa Barang Sitaan Wartawan Terkait Snowden


Gwendolen Morgan, pengacara David Miranda, membuat pernyataan pada media di luar Pengadilan Tinggi Inggris di London (22/8).

Gwendolen Morgan, pengacara David Miranda, membuat pernyataan pada media di luar Pengadilan Tinggi Inggris di London (22/8).

Pengadilan Inggris, dengan alasan melindungi keamanan nasional Inggris, memperbolehkan polisi memeriksa barang-barang sitaan dari David Miranda

Sebuah pengadilan Inggris mengatakan pihak berwenang boleh memeriksa barang-barang yang mereka sita akhir pekan lalu dari pasangan seorang wartawan yang telah banyak menulis tentang rincian yang dibocorkan mengenai program mata-mata rahasia keamanan nasional Amerika.

Pengadilan pada Kamis (22/8) memutuskan bahwa untuk melindungi keamanan nasional Inggris, polisi dibolehkan memeriksa laptop, telepon dan stik memori yang mereka ambil dari David Miranda, seorang warga Brazil, ketika ia singgah di Bandar Udara Heathrow London dalam perjalanan ke Rio de Janeiro.

Miranda adalah pasangan wartawan Amerika Glenn Greenwald. Ia telah menulis banyak artikel dalam surat kabar Inggris Guardian, berdasarkan bocoran dokumen yang diberikan oleh mantan kontraktor intelijen Amerika Edward Snowden, yang merinci pengintaian besar-besaran oleh Badan Keamanan Nasional Amerika.

Pengacara Miranda berusaha menghalangi penyebaran barang-barang sitaan itu, tetapi pengadilan mengatakan barang-barang itu boleh diselidiki demi alasan “keamanan nasional.”

Seorang pengacara untuk Kepolisian Inggris mengatakan mereka sudah memindai puluhan ribu halaman materi digital yang disita dari Miranda. Pengacara itu, Jonathan Laidlaw, mengatakan polisi telah menemukan “bahan yang sangat sensitif.”

Miranda diperiksa selama sembilan jam sebelum dibebaskan hari Minggu lalu.
XS
SM
MD
LG