Tautan-tautan Akses

Pengadilan Genosida Mladic Dibuka Kembali di Den Haag


Mantan pemimpin militer Serbia-Bosnia Ratko Mladic saat menghadiri sidang di pengadilan militer PBB di Den Haag (3/6).

Mantan pemimpin militer Serbia-Bosnia Ratko Mladic saat menghadiri sidang di pengadilan militer PBB di Den Haag (3/6).

Mantan komandan etnis Serbia di Bosnia, Ratko Mladic sudah didakwa ICC atas 11 tuduhan, termasuk genosida, terkait kejahatan semasa konflik etnis di Bosnia tahun 1990an.

Pengadilan genosida dan kejahatan perang terhadap mantan komandan etnis Serbia di Bosnia, Ratko Mladic, hari Senin kembali dibuka dengan pihak jaksa menghadirkan saksi pertama.

Elvedin Pasic, warga Bosnia beragama Islam, mengatakan kepada pengadilan di Den Haag bagaimana, pada usia 14 tahun, ia selamat dari pembantaian 150 orang oleh tentara etnis Serbia Bosnia bulan November 1992 di desa Grabovica.

Ia juga menguraikan kepada pengadilan bagaimana berbagai kelompok etnis di Bosnia hidup bersama dalam kedamaian sebelum pecahnya konflik.

Mladic sudah didakwa atas 11 tuduhan, termasuk genosida, terkait kejahatan semasa konflik etnis di Bosnia-Herzegovina tahun 1990an. Jika dinyatakan bersalah. Mladic diancam dengan hukuman penjara seumur hidup.

Sementara itu, empat tokoh terkemuka Kenya akan mulai diadili bulan April tahun depan untuk menghadapi tuduhan bahwa mereka mengorganisir kekerasan mematikan tahun 2008 pasca pemilu di negara itu.

Mahkamah Kriminal Internasional hari Senin mengatakan sidang perkara mantan anggota kabinet William Ruto dan pejabat radio Joshua Arap Sang akan mulai 10 April. Sidang perkara Wakil Perdana Menteri Uhuru Kenyatta dan mantan kepala PNS Francis Muthaura akan mulai 11 April.

Ke-empat orang itu dituduh ikut mengatur kekerasan yang berkobar diseluruh pelosok Kenya setelah pemilu presiden 2007 yang disengketakan.

Sekitar 1.300 orang tewas dan lebih dari 300.000 lainnya mengungsi akibat kerusuhan dan kekerasan etnis.

Kerusuhan tidak berhenti sepenuhnya hingga presiden incumbent Mwai Kibaki dan penantangnya Raila Odinga mencapai kesepakatan berbagi kekuasaan, yang menjadikan Kibaki sebagai presiden dan Odinga sebagai perdana menteri.
XS
SM
MD
LG