Tautan-tautan Akses

Dituduh Berbohong, Diplomat India Diusir dari AS


Devyani Khobragade, yang telah bertugas sebagai wakil konsul jenderal India di New York. (Foto: Dok)
Devyani Khobragade, yang telah bertugas sebagai wakil konsul jenderal India di New York. (Foto: Dok)

Khobragade diperkirakan akan segera keluar dari AS, setelah India menolak permohonan Amerika mencabut kekebalan diplomatiknya.

Diplomat India Devyani Khobragade telah diperintahkan untuk keluar dari Amerika Serikat karena dituduh berbohong pada formulir permohonan visa bagi pembantu rumah tangganya.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Khobragade masih berada di Amerika Serikat Kamis malam (9/1), tetapi ia memperkirakan diplomat India itu akan segera berangkat, setelah India menolak permohonan Amerika mencabut kekebalan diplomatiknya.

Khobragade telah bertugas sebagai wakil konsul jenderal India di New York. Tetapi, Kamis, lewat prosedur standar, para pejabat Amerika menerima permohonan India mengubah statusnya menjadi seorang diplomat untuk PBB, yang memberinya kekebalan penuh.

Segera setelah dia mempunyai kekebalan penuh, Departemen Luar Negeri Amerika meminta India agar mencabutnya supaya Khobragade dapat menghadapi tuduhan. Tetapi, India menolak permohonan itu.

Juru bicara tadi mengatakan tuduhan terhadapnya tidak akan dicabut ketika ia meninggalkan Amerika, dan dia akan menghadapinya kalau ia kembali.
XS
SM
MD
LG