Tautan-tautan Akses

AS

Pengadilan AS Batalkan Peraturan Mengenai Label Rokok


Pengadilan AS mengatakan belum ada data gambar dampak merokok pada bungkus rokok akan mengurangi kebiasaan tersebut. (Foto: Dok)

Pengadilan AS mengatakan belum ada data gambar dampak merokok pada bungkus rokok akan mengurangi kebiasaan tersebut. (Foto: Dok)

Pengadilan banding AS membatalkan peraturan federal yang mewajibkan perusahaan rokok mencantumkan gambar dampak merokok di bungkus rokok.

Sebuah pengadilan banding Amerika telah membatalkan peraturan federal yang mewajibkan perusahaan rokok mencantumkan gambar-gambar mengerikan pada bungkus rokok, yang menunjukkan dampak buruk merokok pada kesehatan.

Keputusan pada Jumat (24/8) yang mendukung perusahaan-perusahaan rokok itu berarti kasus itu akhirnya bisa diajukan ke Mahkamah Agung Amerika.

Keputusan 2-1 yang dikeluarkan di Washington, DC, itu mendapati bahwa gambar-gambar peringatan demikian melanggar kebebasan, menyatakan pendapat perusahaan dan memaksa produsen rokok untuk merugikan kepentingan ekonomi mereka sendiri.

Dalam opini mayoritasnya, hakim Pengadilan Tinggi Amerika Janice Rogers Brown menulis bahwa US Food and Drug Administration (FDA) atau badan pengawasan obat dan makanan Amerika gagal memberikan data yang menunjukkan bahwa gambar-gambar mengerikan itu akan mengurangi kebiasaan merokok.

Beberapa perusahaan tembakau Amerika menantang peraturan baru FDA itu.
XS
SM
MD
LG