Tautan-tautan Akses

Afsel Larang Karyawan Instansi Penting Pemerintah Mogok


Para pegawai instansi pemerintah Afrika Selatan melakukan protes menuntut kenaikan gaji di Johannesburg.

Para pegawai instansi pemerintah Afrika Selatan melakukan protes menuntut kenaikan gaji di Johannesburg.

Instansi-instansi penting didefinisikan sebagai instansi yang bila diganggu, mengancam nyawa, keselamatan atau kesehatan penduduk.

Pemerintah Afrika Selatan mengatakan, sebuah pengadilan perburuhan telah mengeluarkan perintah yang melarang karyawan di instansi penting pemerintah untuk ikut mogok yang diikuti satu juta buruh.

Pemerintah merumuskan instansi-instansi penting itu sebagai instansi yang bila diganggu, mengancam nyawa, keselamatan atau kesehatan penduduk, seperti rumah sakit.

Sebuah pernyataan pemerintah mengatakan perintah yang dikeluarkan hari Sabtu itu juga melarang buruh yang mogok mengintimidasi mereka yang sedang menuju tempat kerja dan warga lain yang berupaya memasuki gedung-gedung pemerintah.

Hari Jumat, petugas piket melarang orang masuk ke rumah sakit dan, dalam beberapa kasus, berusaha mengganggu kegiatan operasi.

Menteri Kesehatan Aaron Motsoaledi mengatakan, mengganggu operasi disejajarkan dengan membunuh.

Pernyataan hari Sabtu itu mengatakan, barang siapa yang berbuat jahat selama mogok akan dituntut.

Mogok yang diawali hari Rabu itu, merupakan gelombang terbaru dari protes buruh yang melanda Afrika Selatan sejak Mei. Protes minggu ini melibatkan pegawai rumah sakit, guru dan pegawai negeri lainnya guna menuntut kenaikan gaji.

XS
SM
MD
LG