Tautan-tautan Akses

Pengacara Pastikan Snowden Masih di Bandara Moskow


Anatoly Kucherena, pengacara Snowden mengatakan ada kesulitan dalam upaya permohonan suaka sehingga Snowden masih tetap berada di bandara Moskow (24/7).

Anatoly Kucherena, pengacara Snowden mengatakan ada kesulitan dalam upaya permohonan suaka sehingga Snowden masih tetap berada di bandara Moskow (24/7).

Pengacara Edward Snowden mengatakan ada kesulitan dalam upaya permohonan suaka Snowden kepada Rusia sehingga ia tetap berada di bandara.

Edward Snowden – pembocor program pengintaian rahasia Badan Keamanan Nasional Amerika NSA – hari Rabu tampaknya akan meninggalkan kediaman sementaranya di bandara Sheremetyevo Moskow, tetapi pengacaranya Anatoly Kucherena mengatakan ada kesulitan dalam upaya permohonan suaka Snowden kepada Rusia sehingga ia sementara ini akan tetap berada di bandara.

Sejumlah kantor berita di Rusia melaporkan bahwa berbagai dokumen yang diperlukan mantan kontraktor NSA itu untuk meninggalkan zona transit bandara dan masuk ke Rusia secara resmi, telah disampaikan.

Snowden telah bersembunyi di bandara Sheremetyevo selama sebulan ini sementara berupaya mengatur keberangkatan ke negara mana pun di mana ia bisa menghindari tuduhan-tuduhan spionase oleh Amerika.

Setelah bertemu Snowden hari Rabu, pengacara Anatoly Kucherena mengatakan buronan Amerika itu masih belum memperoleh dokumen yang diperlukan dari pihak berwenang Rusia sehingga masih harus tinggal di bandara itu.

Snowden membocorkan dokumen-dokumen “top secret” tentang program pengintaian berskala luas di seluruh dunia yang dilakukan Badan Keamanan Nasional Amerika NSA.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah menolak permintaan Presiden Amerika Barack Obama untuk mengusir Snowden supaya ia bisa diadili di Amerika. Dengan adanya kemungkinan Snowden keluar dari bandara itu, Amerika mengatakan pihaknya ingin mendapat klarifikasi dari Rusia mengenai status Snowden.
XS
SM
MD
LG