Tautan-tautan Akses

Pengacara Mantan PM Ukraina Kehilangan Kursi Parlemen


Sergiy Vlasenko (tengah), pengacara mantan PM Yulia Tymoshenko saat melakukan konferensi pers (foto: dok).

Sergiy Vlasenko (tengah), pengacara mantan PM Yulia Tymoshenko saat melakukan konferensi pers (foto: dok).

Pengacara Yulia Tymoshenko, mantan Perdana Menteri Ukraina yang dipenjarakan telah dicopot dari kursinya di parlemen Ukraina.

Pengadilan Tinggi Administratif Ukraina hari Rabu memutuskan bahwa Serhiy Vlasenko akan diberhentikan dari parlemen karena ia secara tidak sah menggabungkan tugas-tugas sebagai seorang anggota parlemen dan seorang pengacara.

Pengadilan mengambil keputusan itu dalam menanggapi gugatan seorang anggota parlemen lainnya yang menuduh Vlasenko mempraktekkan tugas pengacara selagi menjadi anggota parlemen.

Amerika dan Uni Eropa keberatan atas upaya Ukraina untuk membuat Tymoshenko tidak bisa mendapatkan pengacara yang memenuhi syarat.

Yulia Tymoshenko, seorang pemimpin oposisi terkenal Ukraina, dalam waktu dekat akan disidangkan atas tuduhan pembunuhan. Ia sudah menjalani tujuh tahun hukuman penjara karena penyalahgunaan kekuasaan, tuduhan yang dikatakan Tymoshenko berasal dari upaya Presiden Viktor Yanukovych untuk menyingkirkan dirinya sebagai salah seorang saingan politik.
XS
SM
MD
LG