Tautan-tautan Akses

Pengacara Assange: Pertemuan Grand Jury di AS untuk Bahas WikiLeaks


Mark Stephens, pengacara pendiri WikiLekas Julian Assange, berbicara kepada media di London.

Mark Stephens, pengacara pendiri WikiLekas Julian Assange, berbicara kepada media di London.

Mark Stephens mengatakan kepada TV Al-Jazeera bahwa sebuah grand jury sedang dibentuk secara rahasia di Alexandria, negara bagian Virginia.

Seorang pengacara dari pendiri WikiLeaks mengatakan sebuah grand jury rahasia sedang bertemu di luar kota Washington untuk mempertimbangkan tuduhan kejahatan terhadap dirilisnya ribuan dokumen Amerika yang peka.

Pengacara itu, Mark Stephens, mengatakan kepada David Frost dari televisi Al-Jazeera, mereka mendengar dari penguasa Swedia bahwa sebuah grand jury sedang dibentuk secara rahasia di Alexandria, Virginia.

Sejak akhir bulan lalu, WikiLeaks secara bertahap merilis sekitar 250 ribu kawat diplomatik. Sebelumnya WikiLeaks telah merilis ribuan dokumen militer Amerika tentang perang di Afghanistan dan Irak.

Jaksa Agung Amerika Eric Holder mengatakan ia telah memberi otorisasi bagi pengambilan langkah-langkah signifikan untuk menanggapi pembocoran terakhir ini. Ia tidak memperinci lebih lanjut.

Pendiri WikiLeaks, Julian Assange kini sedang ditahan oleh penguasa Inggris sementara ia berusaha menghindari ekstradisi ke Swedia, di mana ia dikenai tuduhan perkosaan, pelecehan seksual dan melakukan pemaksaan yang melanggar hukum. Assange menampik tuduhan itu.

XS
SM
MD
LG