Tautan-tautan Akses

Pengacara Tersangka Teroris Abu Hamza Katakan Kliennya Perlu Tes Medis


Tersangka teroris Abu Hamza al-Masri yang tinggal di Inggris menghadapi ancaman deportasi ke Amerika (foto: dok).

Tersangka teroris Abu Hamza al-Masri yang tinggal di Inggris menghadapi ancaman deportasi ke Amerika (foto: dok).

Pengacara Alun John hari Selasa memberitahu pengadilan di London bahwa kesehatan Hamza memburuk dan menurutnya tidak layak untuk mendeportasi ke Amerika.

Pengacara untuk tersangka teroris Abu Hamza mengatakan kliennya tidak seharusnya di ekstradisi dari Inggris ke Amerika sebelum ia menjalani pemindaian MRI setelah bertahun-tahun sakit.

Pengacara Alun John hari Selasa memberitahu pengadilan di London bahwa kesehatan Hamza memburuk dan mengatakan akan “merupakan penindasan” untuk mengirimnya ke Amerika menghadapi tuduhan terorisme jika Hamza tidak sehat membela diri.

Minggu lalu pengadilan di Inggris menunda ekstradisi Hamza setelah ia mengajukan banding baru. Ia ditahan di Inggris karena memicu kebencian dengan mendorong kaum muda Muslim untuk melancarkan perang suci terhadap orang yang bukan Muslim.

Pihak berwenang Amerika menuduh Abu Hamza berusaha membentuk kamp pelatihan teroris di negara bagian Oregon dan membantu al-Qaida menyandera orang di Yaman.

Abu Hamza yang dilahirkan di Mesir kehilangan satu mata dan kedua tangannya ketika berperang melawan pasukan Soviet di Afghanistan tahun 1980-an.
XS
SM
MD
LG