Tautan-tautan Akses

AS

Ilmuwan AS Penemu Teknologi Laser Meninggal


Pakar fisika AS penemu teknologi laser, Charles Townes meninggal dunia pada usia 99 tahun di California (foto: dok).

Pakar fisika AS penemu teknologi laser, Charles Townes meninggal dunia pada usia 99 tahun di California (foto: dok).

Pakar fisika AS penemu teknologi laser, Charles Townes meninggal dunia pada usia 99 tahun di California.

Pakar fisika AS Charles Townes, yang risetnya mengenai gelombang elektromagnetik membuka jalan bagi pengembangan teknologi laser, meninggal dunia pada usia 99 tahun di California.

Townes pertama kali memformulasikan teorinya pada 1951 ketika bekerja sebagai periset di Universitas Columbia, New York. Tiga tahun kemudian, sebuah tim mahasiswa pasca sarjana mengembangkan sebuah alat yang beroperasi berdasarkan teori Townes.

Sejak itu, laser dimanfaatkan dalam setiap aspek kehidupan – mulai dari memainkan CD, mengoperasi mata, memotong baja, hingga melakukan pengukuran skala besar, Riset Townes mengenai laser menghantarkannya meraih penghargaan Nobel di bidang Fisika pada 1964, bersama dua ilmuwan lain asal Rusia - Nikolai Basov and Aleksandr Prokhorov – yang melakukan riset terpisah berdasarkan teori yang sama.

Townes memulai karir risetnya di lembaga legendaris Bell Laboratories pada Perang Dunia Kedua. Di sana ia merancang sistem radar pemboman dan peralatan navigasi. Sebagai seorang yang sangat relijius, Rownes meraih penghargaan Templeton pada 2005 atas pidato dan essainya yang mengeksplorasi kesamaan antara ilmu pengetahuan dan agama.

XS
SM
MD
LG