Tautan-tautan Akses

Penembak Remaja Puteri Pakistan Pernah Ditahan Tahun 2009


Siswi-siswi sekolah di Lahore, Pakistan melakukan unjuk rasa untuk mendukung remaja puteri Malala Yousufzai yang terluka akibat ditembak militan Taliban (16/10).

Siswi-siswi sekolah di Lahore, Pakistan melakukan unjuk rasa untuk mendukung remaja puteri Malala Yousufzai yang terluka akibat ditembak militan Taliban (16/10).

Satu dari dua militan Taliban yang diduga menembak seorang gadis Pakistan dan memicu kutukan internasional pernah ditahan tahun 2009 tapi kemudian dibebaskan.

Para pejabat Pakistan mengatakan satu dari dua militan Taliban yang diduga menembak seorang gadis Pakistan dan memicu kutukan internasional pernah ditahan tahun 2009 tapi kemudian dibebaskan.

Pihak berwenang hari Kamis mengidentifikasi tersangka penyerang itu sebagai Attaullah dan mengatakan militer Pakistan pernah menangkapnya dalam serangan di Lembah Swat barat laut tiga tahun lalu. Mereka menahan Ataullah karena dugaan memiliki hubungan dengan Taliban Pakistan, yang ketika itu menguasai wilayah tersebut.

Kini, para pejabat percaya Attaullah sedang dalam pelarian, kemungkinan di negara tetangga Afghanistan, karena menembak gadis berusia 14 tahun, Malala Yousafzai. Sementara itu, pihak berwenang telah menahan beberapa anggota keluarganya.

Pakistan telah menawarkan hadiah senilai sekitar satu juta dolar bagi penangkapan juru bicara Taliban Pakistan, Ehsanullah Ehsan, setelah ia mengatakan kelompoknya menembak Yousafzai ketika ia meninggalkan sekolah tanggal 9 Oktober di Swat setelah ia berbicara terus terang menentang kelompok militan itu.

Yousafzai sekarang berada di sebuah rumah sakit di Inggris, di mana dokter mengatakan mereka memperkirakan ia akan "pulih dengan baik."
XS
SM
MD
LG