Tautan-tautan Akses

AS

Penembak di Pangkalan Militer AS, Bertengkar sebelum Mengamuk


Kopral Ivan Lopez ketika bertugas di Irak (foto: dok).

Kopral Ivan Lopez ketika bertugas di Irak (foto: dok).

Kopral Ivan Lopez mulai dengan penembakan membabi buta di pangkalan Fort Hood, Texas pekan lalu setelah permohonan cutinya ditolak.

Tentara Fort Hood yang membunuh 3 orang dan melukai 16 lainnya pekan lalu memulai amukan ganas 8-menitnya di pangkalan angkatan darat Amerika yang luas itu setelah bertengkar mengenai pengambilan cuti.

Seorang jurubicara Komando Penyelidikan Pidana Angkatan darat Amerika mengatakan dalam jumpa pers hari Senin (7/4) bahwa Kopral Ivan Lopez menyetir mobilnya dengan lambat melalui pangkalan di Texas tengah itu ketika ia melakukan amukannya.

Jurubicara itu mengatakan Lopez mulai dengan penembakan membabi buta setelah permohonan cutinya ditolak, tetapi ia tidak menjelaskan latar belakang permohonan cuti itu.

Seorang jurubicara keluarga Lopez mengatakan pekan lalu bahwa Lopez marah karena ia hanya diberikan cuti 24-jam untuk menghadiri pemakaman ibunya bulan November. Cuti tersebut kemudian diperpanjang menjadi dua hari.

Penembakan ganasnya hari Rabu berakhir ketika Lopez membunuh dirinya dengan pistol kaliber 0,45 setelah berhadapan dengan seorang polisi militer perempuan. Dalam keseluruhannya, penyelidik mengatakan Lopez menembak lebih dari 35 kali.

Presiden Barack Obama dan isterinya Michelle akan menghadiri upacara mengenang para korban hari Rabu di Fort Hood.
XS
SM
MD
LG