Tautan-tautan Akses

AS

Penegak Hukum Amerika Utara dan Tengah Tanggulangi Imigrasi Anak-Anak


Jaksa Agung Amerika Eric Holder (Foto: dok).

Jaksa Agung Amerika Eric Holder (Foto: dok).

Para pejabat tertinggi penegak hukum dari benua Amerika Utara dan Tengah akan membentuk satuan tugas multi-nasional untuk menanggulangi banjir imigran gelap anak-anak ke Amerika Serikat.

Dalam pertemuan di Kota Meksiko, Selasa (9/9), Jaksa Agung Amerika Eric Holder bersama para pejabat dari Meksiko, El Salvador, Guatemala dan Honduras sepakat menciptakan kelompok kerja yang akan memusatkan perhatian pada unsur-unsur kejahatan di balik imigrasi anak-anak.

Tim itu akan meninjau kembali bagaimana menghadapi penyelundup dan kartel yang menarik keuntungan dari rute melintasi Meksiko ke Amerika Serikat. Tim itu juga akan menyelidiki komplotan penjahat dengan kekerasan dari benua Amerika Tengah yang memangsa anak-anak sebagai calon anggota baru.

Data baru-baru ini dari pemerintah Amerika menunjukkan jumlah anak-anak yang tidak didampingi orang dewasa terutama dari benua Amerika Tengah, telah meningkat drastis dalam satu tahun ini. Lebih dari 66 ribu orang di bawah usia 18 tahun telah ditahan di perbatasan barat-daya Amerika Serikat sejak Oktober 2013.

XS
SM
MD
LG