Tautan-tautan Akses

AS

Pendukung Privasi Internet Galang Dukungan bagi Apple


Para pendukung privasi internet melakukan unjuk rasa di toko Apple di Manhattan, New York untuk mendukung Apple dalam kasus dengan FBI mengenai enkripsi iPhone (foto: dok).

Para pendukung privasi internet melakukan unjuk rasa di toko Apple di Manhattan, New York untuk mendukung Apple dalam kasus dengan FBI mengenai enkripsi iPhone (foto: dok).

Sekelompok pendukung hak privasi internet meluncurkan kampanye online baru guna menggalang dukungan bagi Apple.

Sekelompok pendukung hak privasi internet meluncurkan kampanye online baru guna menggalang dukungan bagi Apple, dalam sengketa hukum dengan FBI mengenai pengiriman pesan dengan sandi atau enkripsi.

Kelompok yang manamakan diri, "Berjuang untuk Masa Depan" dengan laman https://www.fightforthefuture.org/ meminta pendukung enkripsi menambahkan komentar mereka di media sosial menggunakan hashtag #SaveSecurity.

Komentar-komentar tersebut akan dikumpulkan dan dibacakan di luar gedung pengadilan California pada sidang berikutnya antara Apple dengan FBI tanggal 22 Maret.

Kelompok “Berjuang untuk Masa Depan” menyelenggarakan puluhan protes kilat seperti bulan lalu, menyusul keputusan hakim A.S. yang memerintahkan para insinyur Apple untuk membantu FBI dalam membuka enkripsi ponsel yang diduga digunakan oleh salah satu penembak dalam serangan di San Bernardino Desember lalu.

"Kasus ini bukan hanya tentang satu ponsel, tapi tentang masa depan keselamatan dan keamanan bagi jutaan orang di seluruh dunia," kata Direktur Kampanye “Berjuang untuk Masa depan”, Evan Greer dalam siaran persnya.

"Yang dilakukan pemerintah dalam hal ini tidak hanya mengancam hak-hak dasar kita, tapi menempatkan kita semua dalam bahaya," tambahnya.

Beberapa organisasi dan kelompok di Amerika telah memberikan dukungan mereka kepada Apple, termasuk Electronic Frontier Foundation, American Civil Liberties Union, dan Electronic Privacy Information Center. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG