Tautan-tautan Akses

Pendukung Morsi Rayakan Idul Fitri Sambil Lanjutkan Protes


Para anggota Ikhwanul Muslimin dan pendukung presiden terguling Mohammed Morsi mengusung poster raksasa tokoh tersebut di Lapangan Rab'a al- Adawiya (8/8).

Para anggota Ikhwanul Muslimin dan pendukung presiden terguling Mohammed Morsi mengusung poster raksasa tokoh tersebut di Lapangan Rab'a al- Adawiya (8/8).

Para pendukung Mohammed Morsi mengabaikan imbauan Presiden Adly Mansour untuk menghentikan aksi protes dan merayakan Idul Fitri di kamp-kamp demonstran.

Ribuan warga Mesir yang mendukung presiden terguling Mohamed Morsi berkumpul di Kairo, shalat berjamaah dan merayakan Idul Fitri di kamp-kamp protes meskipun ada peringatan pemerintah untuk mengosongkan lokasi itu.

Para penentang Morsi juga berkumpul, Kamis, di Lapangan Tharir, Kairo, satu hari setelah Presiden sementara Adly Mansour mengatakan bahwa usaha-usaha yang dilakukan utusan-utusan internasional untuk menyelesaikan perselisihan politik di Mesir telah gagal.

Mansour menyalahkan kelompok Ikhwanul Muslimin yang mendukung Morsi sebagai penyebab kegagalan itu.

Amerika dan Uni Eropa menyuarakan keprihatinan mereka dengan mengatakan perselisihan politik telah menciptakan situasi yang rapuh yang bisa memicu lebih banyak pertumpahan darah dan memperlambat pemulihan ekonomi Mesir.

Dalam sebuah pernyataan bersama Rabu malam, Menlu Amerika John Kerry dan Ketua Kebijakan Uni Eropa Catherine Ashton mengatakan, kedua pihak harus bisa mendobrak kebuntuan berbahaya itu dan menerapkan langkah-langkah pembangunan kepercayaan yang nyata.

Para diplomat mengatakan pemerintah Mesir mengemban tanggungjawab khusus untuk memulai proses rekonsiliasi.
XS
SM
MD
LG