Tautan-tautan Akses

Militer Mesir Tembaki Pendukung Ikhwanul Muslimin di Kairo


Pendukung Presiden terguling Mesir, Mohamed Morsi, berunjuk rasa di luar gedung militer tempatnya ditahan di Kairo, Minggu (7/7).

Pendukung Presiden terguling Mesir, Mohamed Morsi, berunjuk rasa di luar gedung militer tempatnya ditahan di Kairo, Minggu (7/7).

Ikhwanul Muslimin Mesir mengatakan para pendukungnya ditembaki saat melakukan aksi demo di luar sebuah gedung militer dimana Presiden terguling Mohamed Morsi ditahan, Senin (8/7).

Kekerasan hari Senin di Kairo terjadi dekat kompleks Pengawal Republik. Sedikitnya 34 orang dilaporkan tewas saat para pendukung Ikhwanul Muslimin ditembaki ketika melakukan aksi demo di luar sebuah gedung militer tempat Presiden terguling Mohamed Morsi ditahan.

Reuters mengutip militer mengatakan satu “kelompok teroris” sebelumnya berusaha menyerbu gedung itu, dan bahwa seorang tentara tewas.

Ketegangan memuncak antara pendukung dan penentang Morsi sejak militer menggulingkannya Rabu lalu.

Kedua pihak telah melancarkan rapat-rapat umum besar-besaran di Kairo dan kota-kota lain, dan sebagian telah berubah menjadi kekerasan. Bentrokan-bentrokan hari Jumat telah menewaskan sedikitnya 36 orang dan lebih 1.000 lainnya cedera di seluruh negara itu.

Para pemimpin sementara negara itu telah berusaha keras untuk membentuk pemerintah baru yang dapat diterima oleh kedua pihak.
XS
SM
MD
LG