Tautan-tautan Akses

Pendukung dan Penentang Presiden Venezuela Berpawai di Caracas


Demo di Venezuela yang dipimpin oleh pemimpin oposisi Enrique Capriles.

Demo di Venezuela yang dipimpin oleh pemimpin oposisi Enrique Capriles.

Pendukung dan penentang Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengadakan pawai di Caracas hari Sabtu, dan Presiden Maduro menyerukan kepada semua pihak untuk mengadakan konferensi perdamaian dalam beberapa hari mendatang.

Penentang Maduro mulai mengadakan demonstrasi menentang pemerintahannya bulan ini, karena tingginya tingkat kejahatan dan kurangnya barang keperluan sehari-hari di toko-toko di negara yang kaya minyak itu.

Tapi ribuan pendukung Maduro juga melancarkan demonstrasi tandingan dengan mengatakan Maduro adalah presiden yang terpilih secara demokratis. Istri Maduro, Cilia Flores menyebut penentang suaminya sebagai fasis.

Tapi Presiden Maduro sendiri menyerukan kepada semua pihak untuk bertemu dengannya hari Rabu dalam sebuah perundingan perdamaian. Presiden Venezuela itu juga menyebut Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry arogan karena mengecam penggunaan kekerasan untuk membubarkan demonstran anti pemerintah.

Kerry menyerukan pada pemerintahan Maduro untuk menghentikan usahanya membungkam pembangkang dengan menggunakan kekuatan, dan menghormati HAM, hari Sabtu. Kerry menambahkan, tiap pemerintah punya hak untuk mempertahankan keamanan umum dan semua pihak, termasuk para penentang, haruslah menjauhi aksi kekerasan.

Aksi-aksi kekerasan dalam demonstrasi belakangan ini telah menewaskan 10 orang dan melukai 100 lainnya.
XS
SM
MD
LG