Tautan-tautan Akses

Pendukung dan Penentang Presiden Assad Bentrok di Lebanon


Warga Muslim Suni Lebanon meneriakkan slogan anti pembantaian di Houla oleh presiden Bashar al-Assad di Beirut (1/6).

Warga Muslim Suni Lebanon meneriakkan slogan anti pembantaian di Houla oleh presiden Bashar al-Assad di Beirut (1/6).

Para pendukung dan penentang presiden Suriah Presiden Bashar al-Assad bentrok di kota pelabuhan Tripoli di Lebanon negara tetangga Suriah.

Bentrokan para pendukung dan penentang Presiden Suraih berlangsung sampai hari Minggu pagi (3/6). Penduduk dan seorang dokter mengatakan sekurangnya 12 orang tewas dan 40 lebih cedera.

Kantor berita Reuters mengatakan kedua pihak menembak dengan senapan mesin dan granat roket ke arah satu sama lain dan tentara bergerak menuju kawasan itu dengan kendaraan lapis baja berupaya menghentikan kekerasan namun tidak melepaskan tembakan.

Penduduk di distrik-distrik Lebanon berulangkali mengalami baku tembak dalam beberapa minggu terakhir, tapi jumlah korban tewas hari Sabtu mencapai yang tertinggi dalam sehari di Tripoli, meningkatkan kekhawatiran kekerasan Suriah akan merembet ke negara tetangganya yang lebih kecil.

Orang-orang bersenjata dari distrik Jabal Mohsen, tempat tinggal sekte minoritas Alawite, cabang Shiah, daerah asal Assad, selama beberapa minggu terakhir bertempur melawan penduduk Sunni di Bab al-Tabbaneh.

Distrik bertetangga itu memang sudah bermusuhan sejak lama, terlepas dari konflik Suriah. Namun pergerakan yang dipimpin kaum Sunni memicu perselisihan diantara penduduk Lebanon, khususnya di daerah yang mayoritasnya kaum Sunni, di Tripoli 70 kilometer dari Beirut.
XS
SM
MD
LG