Tautan-tautan Akses

Pendukung Morsi Bertekad Teruskan Protes di Kairo


Para pendukung Presiden terguling Mohamed Morsi melakukan shalat Jumat di lapangan Rabaa el-Adawiya, Kairo (12/7).
Para pendukung Presiden terguling Mohamed Morsi melakukan shalat Jumat di lapangan Rabaa el-Adawiya, Kairo (12/7).

Gerakan Ikhwanul Muslimin berkumpul di alun-alun Rabaa el-Adawiya, kairo sejak Morsi dicopot kedudukannya dari jabatan Presiden oleh pihak militer Mesir.

Pendukung dari Presiden Mesir yang digulingkan bertahan di alun-alun Rabaa el-Adawiya, di Kairo pada Sabtu dan bertekad meneruskan protes mereka sampai presiden Morsi dipulihkan kembali kedudukannya.

Gerakan Ikhwanul Muslimin berkumpul di alun-alun itu sejak Morsi dicopot kedudukannya oleh pihak militer Mesir.

Hari Jumat, puluhan ribu pendukung Morsi melakukan reli politik di Kairo. Mereka berkumpul di luar mesjid Rabaah el-Adawiya, sambil berteriak “ceritakan yang sebenarnya.” Ini merupakan seruan kepada pemerintahan interim agar memperjelas siapa presiden yang sah.

Pemrotes menghadapi terik matahari yang menyengat dan sedang berpuasa.
Penentang Morsi berbaris di alun-alun Tahrir, Kairo, dan menuduh gerakan Ikhwanul Muslimin memicu kekerasan mematikan sebelumnya. Tetapi kedua pihak Jumat berjanji reli-reli yang mereka selenggarakan akan berlangsung damai dan tak ada kekerasan yang dilaporkan terjadi.

Pihak militer Mesir menggulingkan Morsi setelah berlangsung beberapa hari demonstrasi. Pihak oposisi menuduh Morsi mengkhianati revolusi 2011 yang berhasil menggulingkan presiden Hosni Mobarak.
XS
SM
MD
LG