Tautan-tautan Akses

Pendiri WikiLeaks Bebas dengan Jaminan di Inggris


Pendiri WikiLeaks, Julian Assange saat mendapatkan kebebasan dari pengadilan Inggris dengan uang jaminan, hari Kamis 16 Desember 2010.

Pendiri WikiLeaks, Julian Assange saat mendapatkan kebebasan dari pengadilan Inggris dengan uang jaminan, hari Kamis 16 Desember 2010.

Julian Assange keluar dari sebuah pengadilan tinggi di London hari Kamis dan bertekad terus merilis berbagai dokumen rahasia.

Pendiri WikiLeaks, Julian Assange, telah keluar dari sebuah pengadilan tinggi di London hari Kamis dan bertekad terus merilis berbagai dokumen rahasia.

Seorang hakim Inggris membebaskan Assange dengan uang jaminan setelah menolak permohonan banding atas pembebasan itu dari kejaksaan Swedia, di mana Assange dicari atas tuduhan pemerkosaan.

Assange mengatakan dalam pernyataan singkat di tangga pengadilan bahwa ia akan terus melanjutkan kerjanya dan menyatakan ia tidak bersalah dalam kasus itu.

Hakim Duncan Ouseley bersedia membebaskan Assange berdasarkan persyaratan ketat, seperti uang jaminan senilai 315 ribu dollar dan plus dua jaminan sebanyak kurang lebih 62.500 dollar.

Assange juga harus mengenakan gelang pemantauan elektronik, melapor ke polisi setiap hari dan tinggal di kediaman mantan pejabat militer Inggris yang juga pendukung WikiLeaks, Vaughan Smith.

Kepala kantor kejaksaan Swedia, Nils Rekke, memberitahu BBC ia tidak bersedia berkomentar atas keputusan pengadilan Inggris itu dan bahwa Swedia tidak turut campur dalam prose situ.

Assange ditahan di penjara Wandsworth sejak 7 Desember lalu, setelah ia menyerahkan diri kepada pihak berwenang.

XS
SM
MD
LG